Hal yang Perlu Diwaspadai Pasca Operasi Caesar

DokterSehat.Com – Dahulu operasi Caesar dilakukan pada ibu hamil yang telah meninggal dunia sementara bayi masih hidup di dalam perut, sementara sekarang tidak demikian.  Ibu-ibu hamil yang masih segar bugar tetapi memiliki masalah-masalah tertentu melahirkan dengan cara operasi demi keselamatan ibu dan anak.

9

Pertimbangan medis operasi Caesar :

  1. Factor ibu : panggul sempit, jalan lahir tidak membuka sempurna sementara kondisi ibu/bayi melemah, masalah kesehatan ibu seperti tekanan darah tinggi, diabetes, jantung, plasenta menghalangi jalan lahir, indikasi tumor dalam rahim, perdarahan sebelum persalinan, herpes genital.
  1. Factor bayi : letak bayi sungsang, gawat janin, ukuran bayi besar beberapa hal yang harus diwaspadai pasca persalinan lewat operasi Caesar :
  1. Demam tinggi
    Penyebab meningkatnya suhu tubuh ini disebabkan oleh dehidrasi, pembengkakan payudara ( mastitis ) atau infeksi.
  1. Kembung
    Ada beberapa penyebab terjadinya kembung pada bunda yang baru menjalani bedah sesar, yaitu akibat pembiusan, manipulasi usus saat operasi, ada infeksi dalam darah yang menyebar ke seluruh tubuh dan gangguan elektrolit karena kekurangan kalium.
  1. Sakit kepala hebat
    Biasanya hal ini terjadi pada pasien yang memiliki riwayat hipertensi, pre eklamsia berat dan efek pembiusan spinal.
  1. Gatal-gatal
    Rasa gatal ini bisa tumbuh hanya didaerah tertentu atau diseluruh tubuh. Bisa disebabkan oleh alergi obat, antibiotic, dan cairan infuse.
  1. Rembesan diperban luka
    Perban penutup luka tidak boleh ada rembesan atau perubahan warna dalam minggu pertama, bila terjadi rembesan segera konsultasi ke dokter untuk penggantian perban dan pemeriksaan terhadap luka.
  1. Sulit BAK
    Beberapa jam setelah kateter dicabut seharusnya bunda dapat BAK secara normal, namun bila mengalami sebaliknya maka kemungkinannya adalah terjadi iritasi pada lubang kencing atau terjadi penekanan kepala bayi yang terlalu lama pada dasar panggul yang menyebabkan pembengkakan didaerah sekitar saluran kencing. Solusinya, menggunakan kateter lebih lama.
  1. Anuri
    Adalah kondisi tidak keluarnya urine sekalipun sudah menggunakan kateter hal ini bisa disebabkan kurangnya supplay darah ke ginjal, ganguan pada ginjal atau terjadi sumbatan pada saluran kemih.
  1. Pendarahan
    Darah yang keluar pada bunda yang baru melahirkan berbentu gumpalan dan berwarna merah tua sampai kehitaman. Bila darah yang keluar dari vagina berwarna merah segar kemungkinan terjadi gangguan pada kontraksi rahim.