Hal Yang Membuat Anda Sakit Dan Gagal Diet

DokterSehat.Com – Diet seringkali ditujukan untuk menurunkan berat badan, sedangkan hidup sehat itu adalah bonus. Konsep diet ini terbalik dan banyak orang yang menyadarinya namun tetap mempertahankan cara diet yang salah seperti ini.

15

Diet pada awalnya bertujuan untuk mengatur dan membenahi pola makan yang berantakan. Tujuannya adalah membuat gaya hidup kita lebih sehat dan biasanya, berat badan kita akan berangsur-angsur menemukan bobot idealnya.

Dalam diet, ternyata banyak orang yang sering melakukan beberapa kesalahan ini. Mari cek apakah Anda yang sedang berdiet, juga melakukan kesalahan di bawah ini :

  • Makanan yang dikonsumsi
    Bila Anda mengalami mudah lemas dan ngantuk atau lapar saat diet, jangan diabaikan. Bisa jadi hal tersebut adalah bahasa tubuh Anda karena metabolisme yang buruk.

    Metabolisme melambat karena seseorang seringkali memilih berlapar-lapar saat diet atau tidak mengonsumsi makanan sehat seperti sayur dan buah. Cobalah pola makan 6 kali sehari dengan variasi serat tinggi agar metabolisme tubuh terjaga dan tak mudah lapar.

  • Kurang ambisi
    Kadang dorongan untuk langsing dan sehat itu menggebu-gebu hanya di pikiran dan omongan, namun belum tentu perbuatan kita ikut konsisten. Bila Anda serius ingin melakukan diet, buatlah program rencana dan jalani dengan sungguh-sungguh.
  • tidak ada dukungan dari teman dan keluarga
    Banyak orang yang melakukan diet tanpa dukungan dari orang yang mereka kasihi, malah berakhir gagal. Meski hanya berupa support, hal itu penting untuk mewujudkan berhasilnya diet.

    Keluarga atau teman yang mendukung Anda biasanya bisa terbawa gaya hidup sehat seperti yang Anda lakukan. Namun bilapun tidak, sebuah dukungan bisa meringankan tekanan pikiran akibat diet yang sering terjadi pada orang-orang.

  • Salah fokus
    Kesalahan lainnya yang sering dilakukan oleh dieters adalah lupa mengenai tujuan diet sesungguhnya. Banyak orang yang berharap diet mereka mampu membawa pada berat badan yang mereka inginkan. Sehingga mereka menunggu jarum timbangan selalu ke kiri.

    Berat badan terpangkas belum tentu sehat bila Anda salah melakukan diet, Seringkali karena salah gaya dan pola makan, seseorang mengalami dehidrasi atau sakit lambung. Fokuslah untuk memperbaiki kesehatan, bukan sekedar turun berat badan.

  • Terlalu memforsir diri sendiri
    Kesalahan pertama adalah seringnya seseorang tidak sabaran dengan proses, sehingga mereka melakukannya dengan cepat. Akibatnya seringkali seseorang tidak makan, konsumsi obat pelangsing, diet super ketat yang sebenarnya membuat tubuh cepat menurun daya tahannya.

    Diet itu sebaiknya dijalani secara bertahap, yang penting adalah konsistensi pada komitmen untuk hidup sehat. Jangan sampai terlalu keras diet dan Anda berakhir di rumah sakit.