7 Hal yang Dapat Dilakukan Ibu di Trimester Kedua Kehamilan

DokterSehat.Com– Banyak wanita menemukan trimester pertama kehamilan agak tidak menyenangkan, tetapi pada trimester kedua, semua akan menjadi baik pada keadaan semula. Pada bulan keempat, kelima dan keenam kehamilan, calon ibu harus memiliki:

  • Lebih banyak energi
  • Melewati yang terburuk dari morning sickness
  • Mulai benar-benar memahami kenyataan bahwa Anda memiliki bayi.

Trimester kedua kehamilan memiliki karakteristik uniknya sendiri yang menyenangkan, tidak sedikit dari itu adalah Anda belum memulai trimester ketiga dengan semua rasa sakit dan nyeri.

Nikmati titik menyenangkan di tengah kehamilan, dengan 7 hal berikut yang harus dilakukan untuk mendapatkan hasil maksimal dari trimester kedua:

1. Gerai rambut Anda

Pada bagian kehamilan ini, rambut Anda mulai tumbuh lebih tebal dan penuh. Diperingatkan, setelah Anda melahirkan, rambut akan mulai rontok. Jadi saat Anda memiliki rambut lebih tebal, gerailah.

Temukan beberapa gaya rambut baru yang menyenangkan untuk dicoba dengan rambut Anda yang lebih panjang, lebih tebal, dan lebih penuh. Bereksperimenlah dengan aksesori rambut dan praktikkan cara untuk membuat rambut yang mudah dan penuh gaya.

2. Merawat kuku

Hormon naik ke rambut yang lebih tebal, lebih penuh, dan lebih berkilai juga membuat kuku Anda lebih kuat dan lebih panjang. Setelah bayi lahir, Anda tidak akan punya waktu untuk manikur seperti yang dilakukan sekarang.

Trimester kedua adalah waktu untuk menikmati kuku jari Anda yang indah. Apakah melukis kuku sendiri di rumah atau pergi ke salon untuk manikur, pilih cat kuku yang aman untuk menghindari menyerap karsinogen dan racun ke dalam aliran darah.

3. Merawat kulit

Jerawat kehamilan yang timbul begitu umum selama trimester pertama mungkin sudah tenang sekarang dan peningkatan darah melalui tubuh dan hormon menciptakan “kilau kehamilan”. Nikmati betapa sedikit make up yang Anda butuhkan pada tahap kehamilan ini dan biarkan saja keindahan alami bersinar.

Untuk mencegah kulit kusam saat hamil, lindungi kilau alami dengan sunblock yang aman untuk kehamilan.

4. Mencegah stretch marks kehamilan

Jika Anda belum memulai pencegahan stretch mark pada kehamilan, trimester kedua adalah waktunya.

Gunakan minyak stretch mark di pagi hari setelah mandi. Gunakan mentega tubuh atau krim stretch mark di malam hari sebelum tidur.

Nikmati proses pelembaban dengan bantuan suami untuk pengaplikasian minyak, dan ingatkan dia bahwa hanya perlu menggosoknya ke perut, pinggul, paha, bokong, dan payudara.

5. Gairah seksual

Meskipun tidak semua wanita mengalami “trimester kedua”, ternyata banyak wanita merasa lebih lincah dan seksi pada tahap pertengahan kehamilan. Sering bermimpi seks dan merasa sering dan lebih mudah terangsang adalah hal yang biasa selama ini.

Sekali lagi, peningkatan aliran darah dan hormon sebagian besar untuk di masa yang akan datang, membuat alat kelamin lebih sensitif dan mengarah ke perasaan lebih kuat dari gairah seksual. Ditambah, Anda merasa lebih baik di trimester kedua dan tidak lagi menggunakan kontrasepsi saat berhubungan seks.

6. Mengenakan pakaian khusus ibu hamil

Banyak wanita bertambah berat badannya di trimester pertama atau memiliki sedikit perut yang mudah disalahartikan sebagai penambahan berat badan ringan. Mengenakan pakaian saat hamil di trimester pertama sering membutuhkan atasan tunik dan pakaian longgar lainnya yang benar-benar membuat Anda terlihat lebih berat.

Namun, pada trimester kedua, perut benar-benar akan membesar penuh. Kondisi ini membuat anda ingin pergi berbelanja untuk membeli pakaian baru. Nikmati memilih lebih banyak atasan dan gaun berpelukan kontur sekarang, dan membuat orang tahu bahwa Anda menjadi seorang ibu.

7. Melakukan perjalanan

Ketidaknyamanan pada trimester pertama kehamilan biasanya membuat wanita di rumah dan di tempat tidur, berjuang dengan kelelahan dan morning sickness, ketika mereka tidak bekerja atau mencoba untuk melanjutkan kehidupan mereka. Pada trimester ketiga, Anda akan mulai menghadapi keterbataran ruang gerak.

Trimester kedua adalah waktu terbaik untuk melakukan perjalanan, naik ke pesawat, dan berlibur bebas sebelum janin lahir.

Jadikan kehamilan trimester kedua yang indah dan nikmati perjalanan!