Hal Yang Dapat Mengganggu Daya Tahan Tubuh

DokterSehat.Com – Kesehatan adalah anugerah yang indah. Menjaga kesehatan adalah penting sebagai ucapan syukur bagi Tuhan yang telah memberikan hidup pada manusia. Gangguan kesehatan bisa muncul kapan saja, apalagi jika kita lengah terhadap gejala dan penyebabnya. Banyak hal yang dapat mengganggu kondisi kesehatan kita, seperti pola makan tak sehat, jarang berolahraga, ataupun polusi di sekitar kita.



Menjaga daya tahan tubuh agar tetap sehat, wajib kita lakukan. Dengan tubuh yang sehat, segala aktivitas yang akan atau tengah kita lakukan bisa berjalan lancar sesuai yang diharapkan. Untuk menjaganya, Anda memerlukan sebuah tingkat fokus dan konsistensi yang benar-benar serius. Apalagi saat ini cuaca di sekitar kita sedang tidak berjalan sempurna, oleh karena itu sistem kekebalan tubuh harus lebih ditingkatkan lagi.

Agar dapat menghindari hal-hal yang dapat mengganggu daya tahan tubuh kita, simak ulasannya berikut ini :

  • Polusi udara
    Polusi udara telah terbukti membawa dampak buruk bagi paru-paru serta sistem imunitas kita. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa polusi udara bisa mensupresi komponen sistem imun bernama T-cell, di mana jika hal ini terjadi bisa memicu peradangan pada seluruh tubuh.
  • Duduk terlalu lama
    Jika pekerjaan anda mengharuskan anda untuk duduk di kursi dalam waktu yang lama, maka hal ini juga bisa berakibat buruk bagi daya tahan tubuh anda. Duduk terlalu lama bisa memperlambat proses metabolisme tubuh yang mengakibatkan penyerapan nutrisi berkurang.
  • Kurang tidur
    Mendapatkan tidur yang cukup amatlah penting. Jika anda kurang tidur dan tubuh tidak memproduksi melantonin yang cukup, maka sistem imun tidak bisa membuat sel darah putih yang cukup pula, sehingga tidak mampu membantu melawan infeksi.
  • Makan daging terlalu banyak
    Mengonsumsi daging hewan terlalu banyak bisa membuat tubuh anda memproduksi hormon IGF 1 yang berlebihan, di mana hal ini bisa memicu proses penuaan dan menghambat kinerja sistem imun tubuh anda.
  • Stres berkepanjangan
    Mengalami stres dalam waktu yang lama bisa meningkatkan kadar kortisol yang bisa mengurangi kadar hormon testosteron dan estrogen. Ketidakseimbangan hormon tersebut bisa mengurangi kinerja sistem imun tubuh anda.