Hal Yang Bisa Bikin Wanita Lebih Subur

DokterSehat.Com – Sebuah studi terbaru membuktikan, berolahraga dan turunnya berat badan meningkatkan kesuburan pada wanita yang mengidap polycystic ovary syndrome (PCOS), kelainan hormon umum penyebabkan wanita tak subur.

5042183570_d979b072c6_b

Temuan ini membuktikan yang selama ini kami curigai, bahwa berolahraga dan diet sehat dapat meningkatkan kesuburan pada wanita yang mengidap PCOS, ujar penulis studi, Richard Legro, profesor di Penn State College of Medicine, Pennsylvania.

PCOS adalah penyebab umum ketidaksuburan pada wanita. Kondisi ini muncul saat tubuh wanita memproduksi testosteron sedikit lebih tinggi dari androgen lainnya, hormon seks yang umum ditemukan pada pria.

Ketidakseimbangan hormon ini bisa mengakibatkan menstruasi yang tak teratur, bertambahnya berat badan, jerawat, bertambahnya bulu di wajah dan tubuh, atau menipisnya rambut.

Wanita yang mengalami PCOS seringkali mengonsumi pil kontrasepsi untuk mengatasi siklus menstruasi mereka dan mengurangi tingkat androgen dalam tubuh karena studi sebelumnya menunjukkan prapengobatan jangka pendek dengan pil kontrasepsi bisa meningkatkan kesempatan hamil bagi wanita dengan PCOS.

Studi terbaru mempelajari perbedaan antara keberhasilan hamil di antara 149 wanita dengan PCOS yang menggunakan pil kontrasepsi, menjalani perubahan gaya hidup, atau melakukan keduanya selama empat bulan. Para partisipan studi berusia antara 18 hingga 40 tahun.

Para peneliti menemukan bahwa wanita yang menjalani perubahan gaya hidup dan menggunakan pil kontrasepsi lebih mungkin berovulasi ketimbang wanita yang hanya mengonsumsi pil kontrasepsi.

Penelitian ini mengindikasikan bahwa dugaan menurunnya berat badan dan olahraga bisa meningkatakan kesehatan reproduksi dan metabolisme wanita, tandas Legro, dilansir dari laman Medindia, Senin (28/9/2015).

BACA JUGA : Orang Kreatif Beresiko Gila