Hal Tak Terduga Ini Bisa Mencegah Kita Terkena Flu dan Demam

DokterSehat.Com – Flu atau demam termasuk dalam jenis penyakit yang dianggap ringan dan tidak perlu dikhawatirkan. Memang, penyakit ini bisa dengan mudah diobati dengan obat-obatan yang bisa didapatkan di warung-warung dekat rumah saja. Namun, jika kita terkena flu atau bahkan demam, aktivitas harian kita jelas akan terganggu dan kita bisa sangat menderita. Hal ini berarti kita harus lebih baik dalam mencegah munculnya penyakit ini, bukan? Untuk melakukannya, kita bisa melakukan beberapa hal yang tidak terduga seperti sebagai berikut.

doktersehat-wanita-flu-demam-sakit-flu-babi-swine-influenza

Suka Berjemur Sinar Matahari
Seringkali kita menyia-nyiakan sinar matahari pagi dengan alasan tidak ada waktu lagi untuk bersantai sebelum berangkat kerja. Padahal, jika kita mau menyempatkan diri menikmati sinar matahari selama beberapa menit, kita bisa mendapatkan asupan vitamin D untuk kesehatan tubuh kita. Asupan vitamin  D ini ternyata bisa mempengaruhi kekuatan sistem kekebalan tubuh yang tentu akan membuat kita semakin baik dalam mencegah flu dan juga demam.

Teh Hangat
Teh hangat kerap kali dianggap sebagai minuman yang nikmat dikonsumsi di kala suhu dingin saja, khususnya di kala hujan. Padahal, jika kita mau rutin meminumnya setidaknya satu atau dua cangkir setiap harinya, kita bisa menurunkan resiko terkena demam dan flu dengan signifikan. Hangatnya teh ini ternyata bisa membuat bulu-bulu hidung terstimulasi sehingga tetap sehat dan mampu menjadi penghalang berbagai kuman, bakteri, dan pemicu sakit flu dan demam agar tidak mudah memasuki tubuh kita. Tak hanya teh hangat, cobalah untuk meminum air putih cukup banyak setiap hari agar tubuh terhidrasi dengan baik dan membantu sistem kekebalan tubuh untuk bekerja dengan lebih baik.

Jangan Takut Kotor
Meskipun terlihat jorok, menjadi orang yang cenderung tak peduli dengan debu dan kotoran dan tidak terlalu sering memakai cairan anti kuman bisa membantu sistem kekebalan tubuh kita menjadi lebih kuat. Sebagai contoh, jangan ragu untuk bermain dengan lumpur, tanah, atau bahkan pasir jika memang diperlukan dan sistem kekebalan tubuh kita akan semakin baik dalam menahan berbagai sumber penyakit flu dan demam.