Hal Sederhana Ini Bisa Membuat Kita Mencegah Osteoporosis

DokterSehat.Com– Salah satu masalah kesehatan yang bisa menyerang orang lanjut usia, khususnya para wanita, adalah osteoporosis atau pengeroposan tulang. Hal ini tentu bisa membuat mereka lebih beresiko mengalami patah tulang di usia lanjut. Tak hanya menjaga asupan makanan yang sehat setiap hari, mengkonsumsi susu, hingga berolahraga secara rutin, pakar kesehatan menyarankan kita untuk menjaga asupan air putih jika ingin mencegah datangnya osteoporosis dengan lebih baik.

doktersehat-tulang-belakang

Bagaimana bisa konsumsi air putih bisa membuat kita mencegah osteoporosis? Pakar kesehatan menyebutkan jika kandungan kalsium yang ada dalam air putih ternyata bisa membantu tubuh mencukupi kebutuhan kalsium harian sehingga bisa mencegah masalah kesehatan tulang. Menurut pakar kesehatan Theresa Geupner yang berasal dari Leibniz University yang ada di Hannover, Jerman, disebutkan bahwa selain susu, air putih memang bisa menyediakan asupan kalsium bagi tubuh kita.

Theresa dan timnya menemukan fakta ini setelah melakukan sebuah penelitian yang hasilnya kemudian dipublikasikan dalam jurnal berjudul Journal of American College of Nutrition. Dalam penelitian ini, Theresa dan timnya meneliti kemampuan tubuh dalam menyerap 300 miligram kandungan kalsium dari lima jenis produk. Dari 21 orang partisipan yang dilibatkan dalam penelitian ini, dihasilkan fakta bahwa sumber kalsium terbaik ternyata adalah air tanah. Yang tidak diduga adalah, tubuh ternyata lebih baik dalam menyerap kalsium dari air tanah jika dibandingkan dengan sumber kalsium lainnya, termasuk susu hewani.

Pakar kesehatan lainnya, dr. Maria Lusia Brandi yang berasal dari Florence University, sebenarnya juga sudah melakukan penelitian sejenis pada tahun 2004 silam. Menurut dr. Brandi, air dengan kandungan kalsium tinggi ternyata sangat direkomendasikan bagi penderita osteoporosis. Namun, konsumsi susu juga sebaiknya tetap dilakukan demi menjaga kesehatan tulang.

Baca Juga:  Osteoporosis (Pengeroposan Tulang) - Penyebab, Gejala, dan Diagnosis

Theresa sendiri merekomendasikan kita untuk mengkonsumsi dua liter air putih dan tiga cangkir susu jika ingin memenuhi kebutuhan kalsium harian yang mencapai 1.000 miligram. Dengan menjaga asupan ini, maka kita akan bisa mencegah datangnya osteoporosis dengan lebih baik.