Hal Pemicu Terjadinya Kanker Payudara

DokterSehat.Com – Banyak hal yang dapat menyebabkan seseorang terserang kanker payudara. Biasanya, selain faktor keturunan, gaya hidup yang tidak sehat dan usia lanjut menjadi pemicunya. Kanker payudara adalah kanker pada jaringan payudara dan merupakan jenis kanker paling umum yang diderita kaum wanita dan kaum pria. Sebab, keduanya sama-sama memiliki jaringan payudara.

8

Hanya, untuk kaum pria kemungkinan terserang kanker payudara lebih kecil ketimbang wanita dan perbandingannya sekitar 1:1.000. Namun, tetap tak bisa dipungkiri bahwa kanker payudara kerap menjadi momok yang menakutkan bagi sebagian besar orang. Pasalnya, terdapat beberapa faktor yang dapat menyebabkan kanker payudara semakin meningkat.

Mengetahui penyebab agar kemudian sejak dini melakukan pencegahan menjadi kunci penting terhindar dari risiko tersebut. Lantas,  apa saja penyebab-penyebab membuat wanita terkena kanker payudara?

Berikut ini adalah faktor pemicu kanker payudara :

  1. Mengonsumsi alkohol
    Hasil penelitian The American Cancer Society telah menunjukan bahwa wanita yang minum lebih dari dua gelas minuman beralkohol per hari, mempunyai kemungkinan lebih besar terkena kanker payudara.
  1. Berbadan gemuk
    The National Cancer Institute menjelaskan bahwa kadar lemak tubuh pada wanita dapat meningkatkan kadar estrogen dan risiko kanker payudara.Selain itu, wanita yang sudah mengalami menopause sekaligus berbadan gemuk sangat berisiko untuk perkembangan sel-sel tumor pada payudara.
  1. Penggunann pil KB
    The Mayo Clinic dan American Cancer Society menjelaskan bahwa penggunaan pil KB dapat meningkatkan wanita terkena risiko kanker payudara. Sementara itu, risiko ini akan menurun secara otomatis bila penggunaan pil KB berhenti.
  1. Mempunyai gen kanker
    Sejumlah perubahan genetik tertentu akan memengaruhi secara signifikan terjadinya kanker payudara. The American Cancer Society menjelaskan bahwa gen BRCA1 dan BRCA2 sering bermutasi pada wanita hingga menjadi kanker payudara. Bahkan, wanita yang mewarisi gen bermutasi BRCA memiliki hingga risiko 80 persen terkena kanker payudara.