Payudara Gatal: Penyebab dan Cara Mengatasi

doktersehat-wanita-kanker-payudara-konsultasi-implan-bakteri-mastitis

DokterSehat.Com– Seorang wanita pastinya mempunyai payudara, baik ukurannya kecil ataupun besar. Ukuran tidaklah suatu problem, yang perlu kita harus mensyukurinya lantaran ini yaitu anugerah yang perlu dirawat. Wanita kudu sensitif dengan apa yang dialami oleh payudara seperti payudara gatal. Rasa gatal pada payudara kerap sekali dialami oleh banyak wanita.

Wanita kerap dibikin cemas dengan beragam problem yang nampak pada area payudara. Di samping itu, ada juga problem yang menyebabkan rasa tidak nyaman, yaitu gatal pada payudara. Apa pemicu rasa gatal yang timbul di payudara?

Di dalam payudara ada jaringan kelenjar, ini bermanfaat untuk mendukung laktasi. Payudara juga dikelilingi sel lemak, kelenjar getah bening, saraf, pembuluh darah, dan jaringan ikat, seluruh itu ditutupi oleh kulit yang banyak mengandung folikel rambut dan kelenjar keringat.

Ketidaknyamanan dapat anda rasakan apabila alami payudara gatal baik itu di bawah atau lebih kurang di area payudara. Rasa gatal juga bisa dijadikan acuan bahwa ada persoalan yang serius pada payudara anda, lantaran pemicu rasa gatal pada payudara amat bermacam.

Penyebab Payudara Gatal:

1. Penyebab Payudara Gatal: Pemakaian bra yang tidak benar

Baiknya bra dipakai dengan benar, yaitu melindungi payudara. Pemakaian bra yang tidak benar, layaknya penggunaan bra dengan ketat, bra tidak dicuci dengan bersih, dan bahan yang dipakai bikin bra tidak pas dengan kulit anda akan membuat payudara gatal. Baiknya pakai bra yang cocok dengan ukuran payudara, pemakian yang tidak cocok akan menyebabkan rasa gatal pada payudara.

2. Payudara Gatal akibat Stres

Rasa gatal akan meningeal bersamaan dengan datangnya perasaan stres. Stres mengakibatkan rasa gatal jadi meningeal hingga menyebabkan anda buat menggaruknya. Ini jadi pemicu mudahnya diserang infeksi, dan stres juga bisa melemahkan sistem imun tubuh. Sebaiknya anda hindari stres.

3. Terjadi iritasi atau alergi pada kulit payudara

Iritasi atau alergi terjadi lantaran residu deterjen, tuturan dari bahan kimia, kosmetik yang menyebabkan rasa gatal, ruam dan kemerahan sehingga menyebabkan payudara gatal.

4. Infeksi

Infeksi payudara layaknya mastitis jadi pemicu rasa gatal pada payudara, keadaan ini kerap dialami oleh ibu yang menyusui. Kulit yang ada di bagian puting akan kering yang dikarenakan kegiatan menyusui, ini akan mengakibatkan bakteri dan virus masuk pada payudara yang bisa menimbulkan infeksi. Rasa gatal pada payudara juga dikarenakan oleh lebih dari satu infeksi lain, layaknya infeksi eksim, cacar, jamur dan kudis.

5. Kanker payudara

Rasa gatal pada payudara mungkin saja satu wujud adanya kanker payudara. Kanker payudara bisa menimbulkan gejala gatal-gatal. Gejala kanker payudara, layaknya payudara jadi membesar, bengkak, merah, kulit bersisik, sakit, dan gatal.

Cara Mengatasi Payudara Gatal

1. Pola mandi teratur

Gunakan air hangat dan sabun yang sesuai dengan ph balance tubuh. Saat mengeringkan, gunakan handuk yang kering dan bersih untuk mencegah infeksi jamur dan bakteri di area payudara.

2. Rajin mencuci bra

Bra bisa menjadi sumber bakteri dan jamur. Karenanya, bra mesti dicuci dan dibilas dengan sangat bersih. Perhatikan pula penggunaan bahan kimia, atau detergen. Hal ini bisa juga menjadi pemicu payudara gatal, dan munculnya ruam.

4. Ukuran yang sesuai

Sangat disarankan untuk menggunakan ukuran bra yang sesuai dengan ukuran payudara, agar kulit di area tersebut tidak menjadi kemerahan akibat gesekan dengan Bra yang kekcilan ataupun kebesaran.