Hal Ini Sebaiknya Kita Lakukan Sebelum Bersepeda

DokterSehat.Com – Bersepeda kini telah menjadi salah satu gaya hidup yang dilakukan oleh banyak orang, khususnya bagi masyarakat urban yang tinggal di kota-kota besar. Jika pada jaman dahulu bersepeda adalah salah satu sarana transportasi yang bisa dilakukan untuk mencapai suatu tempat, kini bersepeda bahkan dijadikan sebuah cara sehat saat berangkat untuk bekerja, mendapatkan komunitas, atau bahkan yang kini sedang cukup banyak diminati banyak orang; menjadi aktivitas rekreasi di akhir pekan.

doktersehat-bersepeda-pemanasan

Bersepeda juga termasuk dalam salah satu jenis olahraga yang bisa memberikan dampak kesehatan positif bagi tubuh. Tak terhitung banyaknya manfaat dari olahraga ini layaknya membuat otot-otot tubuh kita menjadi lebih kuat, membuat organ jantung dan paru-paru menjadi lebih sehat, hingga membuat postur tubuh yang jauh lebih baik. Bersepeda juga bisa menjadi pilihan bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan mengingat jika kita rutin melakukannya selama 15 hingga 20 menit saja setiap hari, kita bisa membakar banyak sekali kandungan lemak berlebihan dalam tubuh.

Bersepeda memang cukup mudah untuk dilakukan mengingat kita bahkan sudah terbiasa mengendarainya sejak kecil. Namun, harap diingat bahwa layaknya olahraga lainnya, bersepeda juga membutuhkan pemasan sebelum kita benar-benar melakukannya. Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika olahraga ini membutuhkan kekuatan yang besar pada punggung dan kaki serta stamina yang prima. Hal ini berarti, ada baiknya kita melakukan peregangan sebelum melakukan olahraga bersepeda, khususnya bersepeda yang intens layaknya bersepeda menaiki gunung atau dalam jarak yang jauh.

Pakar kesehatan sendiri menyarankan kita untuk melakukan lompat tali sebagai pemanasan sebelum berolahraga, tak hanya itu, kita harus mendapatkan waktu tidur yang cukup sebelum melakukan olahraga bersepeda yang intens sehingga stamina kita tetap baik dan kita tida akan mudah terkena cedera.