Hal Ini Juga Bisa Sebabkan Mimisan

DokterSehat.Com – Mimisan atau epistaksin merupakan pendarahan yang keluar dari lubang hidung, pendarahan yang keluar tersebut terjadi karena terlepasnya mukosa yang mengandung pembuluh darah kecil. Mimisan sering terjadi pada balita, anak-anak, dan juga orang dewasa.

12

Dalam kondisi yang lebih serius, mimisan biasanya menjadi salah satu gejala penyakit yang menyerang seperti misalnya demam berdarah yang memang menyebabkan pendarahan dalam. Namun sekali lagi mimisan yang seringnya dialami seseorang tidak disebabkan oleh penyakit.

berikut adalah beberapa faktor penyebab mimisan di luar penyakit :

  • Benturan
    dr Mahatma T Bawono, Sp THT-KL, dari Rumah Sakit Akademik UGM (RS UGM), mengatakan mimisan dapat terjadi karena benturan pada area wajah. Mimisan yang disebabkan benturan dikatakan oleh dr Mahatma seringkali terjadi terutama pada anak-anak.Kalau jatuh kan apalagi di bagian wajah yang dekat hidung itu pembuluh darah bisa tegang sehingga rentan pecah dan terjadi mimisan. Selama mimisan bukan karena kelainan dan kondisi anak baik,(mimisan -red) masih bisa terulang karena pada anak-anak dinding pembuluh darahnya masih belum kuat
  • Terlalu capai
    Mimisan memang lebih sering terjadi pada anak-anak daripada orang dewasa. Menurut  dr Melisa Anggraeni, Mbiomed, SpA, hal tersebut dikarenakan struktur dinding pembuluh darah pada hidung anak rapuh.Kalau mimisan karena kecapean ini dianggap wajar terutama bagi anak-anak yang struktur dinding pembuluh darahnya rapuh ya sehingga gampang pecah. Ini juga bisa berhenti dengan sendirnya atau bisa juga diberi pertolongan pertama oleh orang tua,” kata dr Melisa yang berpraktik  di Siloam Hospital.

    Hal serupa juga dikatakan oleh dr Marissa Pudjiadi, SpA, dari RS Premier Jatinegara. Saat anak terlalu capai dari keasyikan bermain ada kemungkinan dinding pembuluh darah di hidung yang rapuh menjadi tegang dan akhirnya pecah.

  • Stress
    dr Marissa Pudjiadi , SpA, mengatakan meski jarang tapi ada kemungkinan tidak langsung stres dapat menyebabkan mimisan. Sekali lagi terutama pada anak-anak yang pembuluh darah di hidungnya masih rapuh, stres dapat memicu asma yang diidap yang akhirnya bisa berujung pada mimisan.Mungkin kalau anaknya stres atau kecapean terus dia punya asma. Karena cape asmanya kambuh terus pembuluh darahnya tegang mungkin ya bisa jadi mimisan

    Dalam sebuah artikel yang diterbitkan British Medical Journal tahun 2011, stres dikatakan dapat memicu mimisan akibat adanya hubungan dengan lonjakan tekanan darah yang umum dialami saat seseorang merasa stres. Peningkatan tekanan darah akan semakin meningkatkan risiko pembuluh darah hidung yang rapuh untuk pecah.

  • Suhu ekstrem
    Suhu yang terlalu panas atau terlalu dingin dapat memicu mimisan karena membawa udara yang kering, hidung yang kering akan mudah mengalami iritasi sehingga gesekan sedikit saja pada dinding pembuluh darah hidung yang dikenal rapuh dapat menyebabkan pendarahan.Untuk mengatasi mimisan akibat perubahan suhu ini beberapa dokter menyarankan menggunakan masker pada cuaca yang dingin, membuang ingus secara perlahan, dan hindari menyentuh bagian dalam hidung dengan tangan atau benda apapun.