Hal-Hal Yang Sering Kita Sepelekan Tentang Hipertensi

DokterSehat.Com – Penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi seringkali dikaitkan dengan penyakit yang diderita oleh orang tua saja. Padahal, dalam realitanya, banyak orang dengan usia muda atau dewasa yang juga bisa mendapatkan penyakit ini. Kita seringkali mengabaikan gejala dari penyakit tekanan darah tinggi dan pada akhirnya berimbas pada komplikasi yang jauh lebih serius dan membahayakan nyawa. Berikut adalah beberapa hal yang kerap kita sepelekan tentang penyakit tekanan darah tinggi.

doktersehat-konsultasi-dokter

Hipertensi kerap kali disebabkan oleh kecenderungan kita untuk melakukan gaya hidup yang sangat tidak sehat, meskipun memang ada faktor genetik yang juga bisa ikut berpengaruh. Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika ada anggota keluarga yang memiliki riwayat hipertensi, maka kita memiliki resiko 30 hingga 60 persen mendapatkan masalah yang sama. Hanya saja, mereka yang tidak memiliki faktor keturunan juga bisa terkena hipertensi, apalagi jika mengalami masalah berat badan, kerap mengkonsumsi makanan berlemak, dan dilengkapi dengan kebiasaan merokok dan jarang melatih tubuh. Gaya hidup tidak sehat sendiri mempengaruhi 90 hingga 95 persen peningkatan tekanan darah dan menyebabkan hipertensi. Selain itu, jika kita kerap mengkonsumsi makanan dengan kadar garam tinggi, yakni melebihi enam gram sehari, kita juga bisa mengalami masalah hipertensi. Asupan garam berlebihan akan membuat kolagen dan serat elastin pada pembuluh darah lebih banyak terbentukd an membuat pembuluh darah pun cenderung lebih kaku.

Hipertensi juga kerap dikaitkan dengan kondisi psikis kita yang cenderung mudah stress karena faktor pekerjaan atau masalah lainnya. Sayangnya, banyak orang yang menyepelekan hal ini dan membiarkan stress ini berlangsung dalam waktu yang lama sehingga meningkatkan tekanan darah dengan signifikan. Pandai-pandailah mengatur waktu dan ambil waktu untuk bersantai atau menenangkan diri untuk menjaga tekanan darah tetap normal.

Baca Juga:  Jangan Gunakan Alas Kaki Saat Ada di Dalam Rumah

Penderita hipertensi kerap kali baru mengetahui penyakitnya setelah melakukan tes tekanan darah dan kondisinya sudah cukup parah. Padahal, jika kita rutin melakukan pengecekan tekanan darah sebelumnya, maka kita pun akan bisa lebih baik melakukan pengendalian tekanan darah dengan cara memperbaiki gaya hidup kita. Satu hal yang pasti, jangan pernah sepelekan masalah hipertensi ini. Segera periksakan kondisi tubuh anda jika anda mengalami tanda-tanda hipertensi ke dokter sehingga mendapatkan penanganan dan saran medis yang tepat.