Hal-hal Yang Harus Diwaspadai Saat Anak Nonto TV

DokterSehat.Com – Ketika kita sedang sibuk, mau beres-beres rumah, apa yang kita lakukan untuk si kecil? Apa yang kita berikan untuk sikecil agar dia anteng?  Agar sikecil tidak ribut atau nangis ketika di tinggal beres-beres rumah. Mungkin salah satu dari sekian banyak jawaban, salah satunya adalah distelkan tv.

9

Menurut American academy of pediatrics (organisasi dokter anak di AS), anak-anak di bawah dua tahun tidak boleh menonton televisi. Namun tidak sedikit orang tua yang terkadang membiarkan balita-balita mereka ikut menonton acara televisi favorit. Sebenarnya sudah banyak penelitin yang menyebutkan dampak buruk televisi pada anak-anak. Kita sebagai orang tua, harus mewaspadi anak atau si kecil saat menonton televisi.

Apapun pilihannya, sebagai orang tua anda tetap harus mewaspadai dampak televisi terehadap anak.

Berikut ini hal-hal yang harus kita waspadai saat anak-anak menonton televise :

1. Kalau sampai terpaksa anak Anda menonton televisi, pilih acara yang tidak ada iklannya. Anak-anak adalah masa di mana mereka mudah dipengaruhi dan tidak bisa membedakan mana yang iklan atau bukan.

2. Penelitian menunjukkan dua jam waktu yang dihabiskan untuk menonton televisi di masa kanak-kanak bisa menyebabkan sejumlah masalah seperti terlalu minta perhatian, sulit tidur dan kegemukan.

3. Sekarang ini cukup banyak acara televisi yang diklaim bisa membuat bayi atau balita cepat pintar. Namun kenyataannya, dengan lebih banyak menghabiskan waktu di depan televisi artinya semakin sedikit juga waktu untuk mereka beraktivitas. Padahal aktivitas di luar menonton televisi, seperti bermain bisa mengembangkan otak dan tubuhnya. Ketimbang menonton televisi, kenapa tidak ajak anak Anda untuk membaca, banyak bergerak atau berinteraksi dengan orang lain.

Baca Juga:  Madu Lebih Efektif Meringankan Batuk Anak

4. Anak-anak jangan pernah dibiarkan menonton acara televisi yang menampilkan kekerasan. Meskipun acara tersebut kartun, tetap saja kalau ada kekerasan di dalamnya, segera matikan televisi atau jauhkan anak dari hal tersebut.

Membiarkan anak menonton televisi yang menampilkan acara untuk orang dewasa, sinetron misalnya, juga sebuah kesalahan. Acara orang dewasa yang kerap mempertontonkan kekerasan bisa menyebabkan anak bermimpi buruk, agresif dan kelelahan.