Hal-Hal Tak Terduga Berikut Ternyata Bisa Memicu Serangan Jantung

DokterSehat.Com – Melihat dengan semakin banyaknya kasus kematian di usia muda yang disebabkan oleh penyakit jantung, pakar kesehatan pun semakin gencar mengingatkan masyarakat mengenai bahaya penyakit ini dan cara-cara untuk mencegahnya. Gaya hidup yang sehat diyakini akan mampu membuat kita menurunkan resiko terkena penyakit mematikan ini. Namun, mengenali beberapa hal yang bisa memicu munculnya serangan jantung akan jauh lebih efektif dalam menurunkan resiko kesehatan yang fatal. Berikut adalah beberapa penyebab dari serangan jantung yang tidak kita duga sebelumnya.

doktersehat-serangan-jantung-heart-attack

Tahukah anda jika masyarakat perkotaan memiliki resiko terkena penyakit jantung jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan masyarakat pedesaan? Sebuah penelitian yang dilakukan di Jerman menunjukkan fakta mengejutkan dimana meskipun memiliki sarana yang lebih lengkap, area perkotaan cenderung jauh lebih kotor dan penuh dengan polusi bagi tubuh manusia. Sebagai contoh, banyaknya gas buang emisi kendaraan dan polusi industri hingga kemacetan yang bisa memicu stress ikut berperan besar dalam meningkatkan resiko terkena serangan jantung. Hal ini berarti, ada baiknya masyarakat perkotaan menyempatkan diri melakukan refreshing di alam terbuka untuk menurunkan resiko terkena serangan jantung.

Jika seseorang mengalami masalah pada fungsi ginjalnya, Ia juga akan mengalami peningkatan resiko terkena serangan jantung. Hal ini berarti, kita harus pandai-pandai menjaga kesehatan organ ginjal dengan baik layaknya mencukupi kebutuhan air minum dalam sehari demi menurunkan resiko terkena serangan jantung. Penyebab serangan jantung lain yang tak terduga adalah infeksi. Sebagai contoh, jika kita terkena infeksi saluran pernafasan, kita akan mendapatkan efek inflamasi pada pembuluh darah dan otomatis meningkatkan resiko terkena serangan jantung hingga 5 kali lipat.

Penelitian lain di Selandia Baru menunjukkan fakta mengejutkan dimana mereka yang rutin mengkonsumsi suplemen kalsium, khususnya para lansia yang ingin mencegah masalah pengeroposan tulang, akan meningkatkan resiko terkena serangan jantung hingga 2 kali lipat. Untuk mencegahnya, ada baiknya konsumsi suplemen kalsium ini didasari oleh saran dokter sehingga kita tidak mengkosnsumsinya secara berlebihan dan meningkatkan resiko terkena serangan jantung.