Hal-Hal Simpel yang Bikin Masalah pada Mata

DokterSehat.Com – Mata merupakan alat indra yang terdapat pada manusia. Secara konstan mata menyesuaikan jumlah cahaya yang masuk, memusatkan perhatian pada objek yang dekat dan jauh serta menghasilkan gambaran yang kontinu yang dengan segera dihantarkan ke otak.



Dengan mata siapapun akan terpesona atau juga tahu apa yang telah terjadi. Mata menjadi awal segalanya, menjadi salah satu cara Anda mengenal dunia dimana Anda berada

Namun sayangnya terkadang kita lupa menjaga kesehatan sang mata, sehingga mata mengalami masalah atau bahkan terkena penyakit. Berikut ini adalah hal-hal simpel yang bikin masalah pada mata.

Salah satu hal simpel yang sering membuat masalah pada mata adalah sering mengucek mata. Terkadang mata terasa gatal atau pedih dan Anda tergoda untuk menguceknya. Namun mengucek mata tidak akan menyelesaikan masalah tersebut, bahkan mata bisa jadi semakin teriritasi. Kondisi lingkungan yang kurang bersih juga dapat memicu terjadinya masalah pada mata, seperti infeksi mata akibat kuman atau virus yang masuk ke mata. Malas membersihkan mata juga merupakan salah satu hal simple yang dapat menyebabkan munculnya masalah pada mata. Jangan lupa untuk mencuci tangan sesering mungkin, sehingga bila Anda tak sengaja memegang mata Anda, risiko terjadinya iritasi atau infeksi menjadi seminimal mungkin.

Hal-hal simpel yang bikin masalah pada mata juga termasuk kebiasaan membaca sambil tiduran dan membaca di tempat gelap. Membaca dengan posisi tiduran bisa membuat mata cepat lelah. Idealnya bahan bacaan berada pada sudut 60 derajat dari horizontal. Mata melihat ke arah bawah dan berjarak kurang lebih 30 cm dari bacaan. Jika ingin membaca sambil tiduran, gunakan bantal untuk menyangga punggung, dan posisi kepala tetap tegak. Kebiasaan lain yang bisa menimbulkan masalah pada mata adalah membaca di tempat yang kurang cahaya. Mata akan mengalami ketegangan, karena ketika Anda membaca di tempat dengan cahaya redup, mata akan menyesuaikan dengan beberapa cara. Jika kebiasaan ini dilakukan secara terus menerus, maka dapat menimbulkan masalah pada mata.

Baca Juga:  Tips Mengatasi Hidung Tersumbat

Terlalu banyak menatap layar TV atau layar monitor komputer juga merupakan hal-hal simpel yang bikin masalah pada mata. Mata akan terasa panas, lelah, penglihatan ganda atau buram, kering, dan sensitif pada cahaya, merupakan gejala sindrom gangguan penglihatan akibat komputer. Ini dapat terjadi ketika Anda menghabiskan waktu berjam-jam di depan komputer tanpa istirahat.