Hal-Hal Sepele Yang Bisa Menyebabkan Rambut Menjadi Tidak Sehat

DokterSehat.Com – Selain kulit wajah, rambut adalah bagian tubuh yang bisa mempengaruhi penampilan seseorang, baik pria atau wanita. Dengan tampilan rambut yang prima atau potongan rambut yang menarik, kita pun bisa merasakan percaya diri untuk bertemu banyak orang. Untuk menjaga rambut bisa tetap sehat, kita bisa melakukan perawatan dan pembersihan rambut secara berkala. Sayangnya, terdapat beberapa aktifitas harian kita yang bisa mempengaruhi kesehatan rambut seperti sebagai berikut.

doktersehat-kutu-rambut-gatal

Menyisir rambut adalah kegiatan yang akan kita lakukan setiap hari, khususnya di pagi hari atau setelah kita mandi. Dengan menyisir rambut, kita bisa mengatur tatanan rambut sehingga terlihat lebih rapi. Sayangnya, kita terlalu memikirkan tatanan rambut dan seringkali mengabaikan kondisi kebersihan sisir yang kita pakai. Selain sisa kulit kepala yang menempel pada sisir, debu dan berbagai kotoran juga banyak menempel pada sisir dan jika sisir ini kita pakai, kotoran ini akan menyumbat pori-pori kulit kepala dan membuat rambut pun menjadi lebih mudah rontok, patah, atau berketombe.

Rambut yang sering terpapar sinar matahari ternyata juga bisa mengalami kerusakan layaknya kulit kita. Paparan matahari dan sinar UV ternyata bisa memicu rambut menjadi lepek dan tidak sehat. Anak-anak kecil atau mereka yang sering terkena sinar matahari juga cenderung memiliki rambut yang terlihat kering dan kemerahan.

Setelah kita berkeramas, kita seringkali mengeringkan rambut dengan cara mengusapnya dengan cukup kasar. Kegiatan ini ternyata bisa membuat rambut menjadi lebih stress sehingga membuatnya mudah patah atau rontok. Handuk yang diusap-usapkan ke rambut bisa merusak kutikula rambut dan memicu rambut mudah patah. Untuk meminimalisir hal ini, cobalah untuk mengusap rambut dengan lebih lembut dan gunakan handuk berbahan lembut.