Hal-Hal Sepele Ini Bisa Membuat Rambut Mudah Rusak

DokterSehat.Com – Baik pria ataupun wanita, baik mereka yang memakai hijab, topi, atau bahkan membiarkan rambutnya terurai, rambut adalah mahkota yang harus selalu dijaga kesehatannya karena akan mempengaruhi kepercayaan diri dengan signifikan. Sayangnya, perkembangan mode dan trend belakangan ini bisa membuat kita memperlakukan rambut dengan sangat buruk. Alhasil, rambut akan lebih mudah rusak dan sangat jelek. Apa sajakah hal-hal yang kerap kita lakukan tanpa sadar bisa membuat rambut kita rusak?

doktersehat-rambut-kepang-wanita

Menyikat Rambut
Jangan samakan sikat rambut dengan sisir rambut, sesuatu yang hampir selalu kita anggap sama setiap waktu. Sisir rambut memiliki gigi yang cenderung jauh lebih lebar dibandingkan dengan sikat rambut. Memang, sikat rambut akan membuat rambut kita lebih halus dan meluruskan rambut yang lebih kusut. Sayangnya, penggunaan sikat rambut yang berlebihan akan membuat rambut menjadi lebih mudah rontok, patah, dan juga bercabang.

Menguncir Rambut
Menguncir rambut dengan model ekor kuda sangatlah praktis dan membuat kita tida merasa gerah saat melakukan berbagai aktifitas. Namun, banyak dari kita yang memakai ikatan rambut untuk menguncir yang cukup kuat dan kencang. Hal ini ternyata bisa membuat rambut menjadi lebih rapuh dan mudah rontok.

Memakai Handuk dan Hair Dryer
Memakai handuk atau hair dryer saat mengeringkan rambut setelah berkeramas kerap dianggap biasa saja. Padahal, kedua hal ini berpotensi membuat rambut rusak. Menggosok rambut dengan handuk dengan keras akan membuat rambut menjadi lebih mudah bercabang dan patah, semektara itu, hair dryer bisa membuat rambut menjadi lebih kering dan rusak.

Mencatok Rambut
Banyak orang dengan rambut keriting atau bergelombang ingin merasakan sensasi memilikir rambut lurus dengan cara mencatoknya. Jika kita kerap melakukannya, panas dan bahan kimia dari proses pencatokan ini bisa membuat rambut menjadi lebih rapuh, mudah patah, dan warnanya semakin memudar.