Hal-Hal Berikut Membuat Pria Mudah Jatuh Sakit

DokterSehat.Com – Pakar kesehatan yang berasal dari Centers for Disease Control and Prevention atau bisa disingkat dengan CDC menyebutkan jika pria lebih mudah jatuh sakit jika dibandingkan dengan wanita. Yang menarik adalah, mudahnya pria mendapatkan penyakit adalah justru karena lebih sering menyepelekan kondisi kesehatan mereka sendiri! Sebenarnya, hal-hal apa sajakah yang membuat pria lebih mudah jatuh sakit? Berikut adalah diantaranya.

doktersehat-rokok-mudah-sakit-resiko-jantung-stroke

Meskipun kini juga banyak kaum hawa yang melakukannya, dalam realitanya merokok telah kadung identik dengan sesuatu yang jantan dan macho. Tak hanya pria dewasa, kini banyak sekali para remaja atau bahkan anak-anak di Indonesia yang menjadi pecandu rokok. Alasannya? Mereka ingin terlihat lebih jantan dan bisa ikut bergaul dengan kebanyakan kawan-kawannya yang biasanya juga merupakan perokok. Meskipun semua pria tahu dampak buruk yang diberikan oleh rokok, dalam realitanya mereka tetap saja menghisap rokok, bahkan bisa sangat banyak dalam sehari. Tahukah anda jika 90 persen kasus paru-paru ternyata disebabkan oleh kebiasaan merokok ini? Tak hanya kanker paru-paru, gangguan pada organ kardiovaskular, munculnya penyakit bronchitis, atau bahkan masalah fungsi seksual bisa didapatkan dari kebiasaan ini.

Pola makan yang sangat tidak sehat juga kerap dilakukan oleh pria. Jika dibandingkan dengan kaum wanita, pria cenderung akan memakan apa saja yang terlihat enak dan mengenyangkan bagi mereka. Alhasil, mereka pun cenderung banyak mengkonsumsi makanan rendah gizi. Selain tubuh kurang mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan, sistem kekebalan tubuh pun akan menurun sehingga pria akan mudah terkena penyakit.

Selain cenderung malas melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin, pria juga cenderung menyepelekan gejala penyakit dan baru mau berobat saat kondisinya sudah sangat memburuk. Alhasil, banyak pria yang sudah telat mendapatkan konsultasi ke dokter dan penyakitnya lebih parah. Padahal, andai mereka segera memeriksakan kondisi kesehatan jika sudah menunjukkan gejala yang tidak sehat, mereka bisa mencegah penyakit dengan lebih baik.