Hal-Hal Berikut Bisa Memicu Masalah Bibir Pecah-Pecah

DokterSehat.Com – Saat kita kekurangan asupan air putih atau sedang mengalami dehidrasi, maka gejala yang pertama akan terlihat pada tubuh adalah bibir yang pecah-pecah. Meskipun terlihat sepele, bibir pecah-pecah bisa membuat rasa yang sangat tidak nyaman, apalagi jika kita harus berbicara dengan orang lain. Tahukah anda jika selain karena dehidrasi, bibir pecah-pecah juga bisa muncul karena penyebab lain. Apa sajakah penyebab dari munculnya masalah bibir pecah-pecah?

doktersehat-bibir-wajah-muka

Suka menjilati bibir
Banyak orang yang berpikir jika dengan kerap menjilati bibir, maka kita akan membuat bibir menjadi basah dan lebih lembab. Sayangnya, yang terjadi justru bibir akan menjadi lebih kering. Air liur tidak akan mampu membuat bibir kita menjadi lebih lembab mengingat fungsi utamanya adalah sebagai pembantu makanan agar lebih mudah untuk dicerna. Alih-alih menjilati bibir untuk menjaga kelembabannya, ada baiknya kita memakai pelembab bibir atau lip balm saja yang jauh lebih baik.

Kekurangan atau justru kelebihan asupan vitamin
Pakar kesehatan menyebutkan jika kita kekurangan asupan vitamin B2, maka bibir akan dengan mudah mengalami pecah-pecah, sebaliknya andai kita kelebihan asupan vitamin A, maka bibir juga akan mengalami masalah yang sama.

Mengkonsumsi obat-obatan tertentu
Beberapa jenis obat-obatan yang mengatasi masalah jerawat, tekanan darah tinggi, hingga hipotiroid ternyata bisa membuat bibir kita pecah-pecah. Karena masalah inilah ada baiknya kita berkonsultasi pada dokter untuk mendapatkan obat yang tepat tanpa memberikan efek samping ini.

Terkena infeksi jamur
Pakar kesehatan Shawn Allen menyebutkan jika jamur bisa saja muncul karena adanya air liur di sekitar bibir. Banyaknya kandungan jamur ini bisa memicu infeksi dan membuat bibir udah pecah-pecah. Karena alasan inilah ada baiknya kita memperbanyak asupan air putih alih-alih membasahi bibir dengan air liur.

Baca Juga:  Kecanduan Main Ponsel Bisa Ganggu Kesehatan Tulang

Terkena alergi
Dalam beberapa kasus, bibir pecah-pecah ternyata bisa terjadi karena munculnya alergi, khususnya yang terkait dengan produk kecantikan hingga makanan tertentu.