Hal-Hal Berikut Bisa Memicu Kulit Stress

DokterSehat.Com – Banyak orang yang berpikir jika asalkan mereka sudah membersihkan wajah secara rutin, maka kulit mereka akan terbebas dari masalah kesehatan layaknya jerawat atau minyak berlebihan. Padahal, andai kulit mereka dalam kondisi stress, maka masalah kesehatan kulit tersebut bisa saja muncul dengan mudah. Sebenarnya, apa sajakah yang membuat kulit kita bisa mengalami stress?

dotersehat-kulit-wajah-pori-mengecil-deodoran-untuk-wajah-berminyak

Pakar kesehatan dr. Gloria Novelita, SpKK, menyebutkan jika kulit yang stress adalah hal yang normal terjadi oleh siapa saja. Namun, belakangan ini diketahui jika masyarakat yang tinggal di kota, khususnya kota besar, akan memiliki resiko terkena kulit stress lebih besar jika dibandingkan dengan mereka yang tinggal di desa misalnya. Hal ini dikarenakan di kota besar lebih banyak pemicu kulit stress layaknya polusi udara yang jauh lebih banyak, adanya pengaruh sinar UV setiap hari, dan juga kecenderungan masyarakat perkotaan yang mengkonsumsi lebih banyak makanan yang tidak sehat layaknya makanan yang kaya akan kandungan kalori dan lemak. Tak hanya itu, penggunaan make up yang cenderun berlebihan juga bisa memicu masalah yang sama.

Jika kulit kita kerap terpapar radikal bebas, kita juga akan mengalami kulit stress dan pada akhirnya memicu kulit yang terlihat lebih kusam, pembesaran pada pori-pori, masalah komedo, hingga jerawat. Normalnya, kulit akan melakukan perbaikan diri secara alami. Namun, jika kita termasuk sering mengalami masalah kulit stress, tentu kita harus memakai produk perawatan khusus yang bisa mengatasi masalah kulit ini.

Dr. Gloria menyarankan kita yang mengalami kulit stress harus berhati-hati pada produk perawatan kulit wajah yang menawarkan perawatan cepat mengatasi kulit stress karena jika ternyata kurang cocok bagi kulit kita, yang terjadi justru masalah kesehatan kulit akan menjadi lebih parah. Konsultasilah pada dokter kulit terlebih dahulu sehingga kita akan mendapatkan produk perawatan yang tepat untuk mengatasi masalah kulit stress.