Hal-Hal Berikut Bisa Membuat Wajah Kita Menjadi Kusam

DokterSehat.Com – Setiap orang tentu tidak ingin mendapati wajahnya terlihat kusam. Bagaimana tidak, wajah yang kusam tentu saja bisa berpengaruh besar pada menurunnya penampilan fisik seseorang. Pakar kesehatan menyebutkan jika kulit wajah yang kusam terjadi karena ada masalah dalam regenerasi sel-sel kulit yang bisa disebabkan oleh kurangnya menjaga kebersihan kulit wajah. Namun, sebenarnya ada beberapa hal lain yang bisa memicu kusamnya kulit wajah tersebut seperti sebagai berikut.

shutterstock_350641364 copy

Pakar kesehatan dan kecantikan menyebutkan jika gaya hidup modern, khususnya yang diadopsi oleh masyarakat perkotaan cenderung mudah membuat kita stress. Padahal, stress yang berlebihan bisa berimbas pada semakin buruknya penampilan fisik seseorang, termasuk diantaranya adalah kulit wajah yang semakin kusam. Saat kita terkena stress, kelenjar pengendali emosi akan cenderung lebih aktif dan bisa memicu kulit wajah kusam dan lebih mudah berjerawat. Selain itu, mereka yang cenderung kurang mendapatkan waktu tidur yang cukup juga bisa membuat kulit wajah menjadi lebih kusam. Bagaimana tidak, untuk melakukan regenerasi pada sel kulit, dibutuhkan waktu tidur yang berkualitas, yakni sekitar 7-8 per hari. Jika hal ini tidak bisa didapatkan, wajah akan cenderung lebih kusam dan mengalami penuaan dini.

Gaya hidup yang tidak sehat ternyata juga bisa berimbas langsung pada semakin kusamnya kulit wajah. Sebagai contoh, kita cenderung menerapkan diet yang tidak sehat setiap harinya sehingga kulit pun tidak mendapatkan asupan nutrisi yang dibutuhkan. Hasilnya, kulit wajah pun kehilangan keseharan dan pada akhinya menjadi kusam, mudah terkelupas, dan cenderung kering. Selain itu, kebiasaan buruk merokok atau menenggak alkohol diketahui bisa memicu gangguan pada peredaran darah sehingga kulit pun akan cenderung kusam, kotor, tidak sehat, dan berkeriput.

Baca Juga:  Menjemur Pakaian Sebabkan Kanker

Hal terakhir yang bisa memicu kulit wajah kita mudah kusam adalah seringnya kulit terpapar sinar ultraviolet secara langsung sehingga bisa memicu flek hitam hingga wajah kusam. Untuk menghindarinya, gunakanlah krim pelembab wajah atau tabir surya yang bisa menjaga kulit wajah kita dengan baik.