Hal-Hal Berikut Bisa Membuat Olahraga Kita Tidak Ada Artinya

DokterSehat.Com – Badan Kesehatan Dunia WHO menyebutkan jika ada baiknya setiap orang melakukan aktifitas fisik atau olahraga setidaknya 30 menit setiap hari. Sayangnya, dengan berbagai kesibukan masyarakat modern, mencari waktu untuk berolahraga menjadi hal yang sulit untuk dilakukan. Beruntung, masih banyak orang yang mau menyempatkan waktu di malam hari atau di akhir pekan untuk berolahraga. Hanya saja, berbagai kebaikan yang kita dapatkan andai rutin berolahraga ini bisa saja menjadi hal yang sia-sia andai kita masih kerap melakukan hal-hal berikut.

doktersehat-duduk-lama-kantor-kerja-resiko-diabetes

Kurang asupan air putih
Kadangkala, kesibukan harian membuat kita lupa mengkonsumsi air putih dengan cukup. Padahal, air putih memiliki fungsi penting dalam menjaga keseimbangan cairan tubuh dan membantu berbagai sistem dan organ tubuh bekerja dengan normal. Andai kita kekurangan asupan cairan, tidak hanya terkena dehidrasi, kita juga akan cenderung lebih mudah jatuh sakit hingga mengalami cedera saat berolahraga.

Kurang tidur
Gaya hidup masyarakat modern juga cenderung membuat kita kerap kekurangan waktu tidur yang cukup. Selain karena kesibukan pekerjaan, kebiasaan mencari hiburan di televisi atau bahkan internet bisa membuat kita kekurangan waktu tidur. Padahal, pakar kesehatan menyebutkan jika tubuh membutuhkan waktu 7-8 jam sehari untuk mampu melakukan regenerasi sel-sel tubuh hingga membuang berbagai racun pada saat kita tidur. Andai kita kerap mengalami kurang tidur, maka dikhawatirkan kita akan lebih mudah jatuh sakit.

Duduk terlalu lama
Banyak orang yang menghabiskan waktu mereka bekerja hanya dengan duduk-duduk saja. Memang, bekerja dengan duduk seharian terkesan sangat santai dan tidak melelahkan. Sayangnya, hal ini ternyata bisa berimbas buruk bagi kesehatan kita. Andai kita termasuk dalam pekerja yang menghabiskan banyak waktu untuk duduk di depan komputer, cobalah untuk kerap memberikan jeda dengan berdiri atau berjalan sebentar setidaknya sekali dalam dua jam.