Hal-Hal Berikut Bisa Membuat Kulit Kita Semakin Berminyak

DokterSehat.Com – Kulit berminyak adalah salah satu masalah kulit yang paling menjengkelkan. Bagaimana tidak, masalah kulit ini akan membuat kita terlihat sangat kusam dan sangat tidak sedap dipandang. Untuk mengatasinya, kita bisa memakai produk perawatan kulit. Selain itu, kita harus lebih baik dalam mengenali beberapa penyebab kulit berminyak seperti sebagai berikut.

doktersehat-cuci-muka-jerawat-obat-kumur-mouthwash

Banyak orang yang tidak menyangka jika pola makan ternyata bisa membuat kulit kita menjadi berminyak. Masyarakat Indonesia termasuk orang yang suka mengkonsumsi gorengan dan makanan yang kaya minyak lainnya. Padahal, makanan yang kaya minyak ini juga bisa membuat kita mengalami masalah kulit berminyak. Tak hanya gorengan dan sejenisnya, beberapa makanan layaknya susu yang dikonsumsi secara berlebihan dan makanan yang kaya gula lainnya juga bisa memicu masalah kulit berminyak.

Banyak dari kita yang berpikir jika kita sering mencuci muka, maka kita akan membuat kulit wajah menjadi lebih bersih. Padahal, jika kita terlalu sering membersihkan mukam lapisan kulit terluar yang berfungsi sebagai pelindung justru akan semakin tersisih dan pada akhirnya membuat semakin banyak kelenjar minyak alami yang keluar dari kulit. Hal ini dikarenakan kelenjar minyak ini berusaha mengimbangi kerusakan yang terjadi pada lapisan kulit terluar. Alih-alih terlalu sering mencuci muka, apalagi dengan cara menggosok-gosokkan muka dengan keras, ada baiknya kita mencucinya dengan menepuknya secara lembut dan frekuensinya tidak terlalu sering.

Hormon juga bisa menjadi penyebab masalah kulit wajah bermiyak, khususnya pada wanita yang sedang mengalami fase menstruasi. Memang, saat wanita sedang mengalami siklus ini, maka aktifitas kelenjar minyak akan cenderung meningkat pada kulit wajah. Karena alasan inilah pakar kecantikan menyarankan kaum hawa untuk kerap membawa tisu penyerap minyak untuk menyerap minyak yang berlebihan ini. Tak hanya hormone, faktor gen atau keturunan juga bisa memicu masalah kulit berminyak berlebihan.