Hal-Hal Berikut Bisa Membuat Kita Menjadi Pelupa

DokterSehat.Com – Dengan adanya memori atau daya ingat, kita bisa mengingat berbagai hal yang terjadi di masa lampau baik itu yang baik atau bahkan yang buruk. Namun kadangkala kita bisa mengalami masalah daya ingat pada hal-hal yang kecil layaknya lupa menaruh kunci motor atau bahkan sekedar mencari barang yang sebenarnya sudah kita pegang di tangan. Banyak orang yang berpikir jika hal-hal ini menjadi penanda akan adanya penurunan daya ingat yang cukup signifikan. Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika beberapa kebiasaan buruk yang dilakukan oleh masyarakat menjadi pemicu mengapa banyak orang yang kini menjadi pelupa. Berikut adalah beberapa hal berikut.

doktersehat-stres-picu-demensia

Tanpa disadari, kini semakin banyak orang yang kekurangan waktu tidur yang berkualitas. Selain karena ingin bersosialisasi dengan orang lain, banyaknya hiburan di waktu larut malam membuat banyak orang rela memangkas waktu tidurnya. Padahal, tidur sangatlah dibutuhkan untuk menjaga kesehatan fisik dan mental, termasuk diantaranya adalah organ otak yang memiliki tanggun jawab besar pada daya ingat. Jika kita semakin jarang mendapatkan waktu tidur yang berkualitas, dikhawatirkan otak kita akan mengalami gangguan gelombang otak yang akan membawa memori jangka pendek ke bagian prefrontal cortex yang merupakan area penyimpanan memori jangka panjang.

Masyarakat modern juga cenderung lebih sibuk jika dibandingkan dengan jaman dahulu. Sebagai contoh, banyak orang yang menonton televisi namun juga tetap menikmati media sosial pada gawainya. Tanpa disadari, hal ini ternyata bisa mengganggu gelombang informasi yang ada di dalam otak dan pada akhirnya memicu penurunan daya ingat.

Fluktuasi pada hormon yang semakin tidak seimbang ternyata juga bisa berdampak buruk bagi daya ingat dan konsentrasi pada otak. Untuk mencegah hal ini terjadi, ada baiknya kita semakin baik dalam melakukan pola makan yang sehat setiap hari, rutin berolahraga, dan rutin membaca yang bisa membaut otak kita semakin terasah dan tidak mengalami penurunan daya ingat.