Hal-Hal Berikut Bisa Membuat Fase Menstruasi Terasa Semakin Menyiksa

DokterSehat.Com – Fase menstruasi adalah hal yang bisa membuat dilema bagi kaum hawa. Bagaimana tidak, jika menstruasi datang dengan terlambat atau tidak muncul sama sekali, maka kaum hawa pun akan merasa khawatir akan kondisi kesehatannya. Namun, saat fase menstruasi tiba, Ia bisa mengalami kondisi badan yang sangat tidak nyaman. Banyak bagian tubuh yang terasa sakit sehingga bisa membuat suasana hati kaum wanita menjadi tidak menentu. Hanya saja, untuk mencegah tubuh menjadi semakin tidak karuan, ada baiknya kaum hawa tidak melakukan hal-hal berikut ini.

doktersehat-sakit-perut

Menurut jurnal Health Care Women International, waktu tidur ternyata bisa mempengaruhi kenyamanan tubuh kaum hawa saat fase menstrusai tiba. Jika pada fase ini kaum hawa tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup, maka fase menstruasi bisa berlangsung lebih lama dengan tubuh yang terasa nyeri. Karena alasan inilah ada baiknya wanita tidur setidaknya delapan jam setiap harinya saat fase menstruasi tiba. Selain waktu tidur, kaum hawa juga sebaiknya menghindari stress sebisa mungkin karena bisa membuat fase menstruasi menjadi terhambat atau kacau.

Kaum hawa juga sangat tidak disarankan untuk melakukan olahraga yang terlalu keras saat fase menstruasi tiba. Olahraga berlebihan ditengarai akan memicu ketidakseimbangan hormon akibat tubuh merasa stress hingga akhirnya menstruasi pun berjalan tidak lancar. Cobalah melakukan olahraga dengan intensitas ringan setidaknya 30 menit saja selama fase ini berlangsung. Selain itu, cobalah untuk tidak sering bepergian sehingga membuat tubuh terasa kelelahan. Jika hal ini terjadi, dikhawatirkan hormon melantonin berada dalam kadar tidak normal dan memicu terhambatnya fase menstruasi.

Pada saat fase menstruasi, ada baiknya kaum hawa tidak mengkonsumsi kopi ataupun minuman beralkohol. Pakar kesehatan menyebutkan jika kopi, khususnya jika dikonsumsi saat malam hari bisa membuat kita mengalami masalah tidur yang membuat tubuh kita tidak beristirahat dengan maksimal. Sementara itu, minuman beralkohol bisa memicu kram dan nyeri pada perut yang tentu akan membuat menstruasi semakin terasa menyiksa.