3 Hal Ini Justru Membuat Makan Buah dan Sayur Tidak Sehat

doktersehat-buah-sayur-tidak-sehat

DokterSehat.Com– Anda tentu sudah sangat sering mendengar bahwa konsumsi buah dan sayur merupakan hal yang menyehatkan. Bahkan berbagai asosiasi kesehatan dunia menganjurkan agar kita mengonsumsi buah dan sayur dan sayur minimal lima porsi dalam sehari. Namun mengonsumsi buah dan sayur bukan tanpa risiko, lho.

Ya, meskipun menyehatkan, ada beberapa jenis dan pengolahan buah dan sayur yang kurang tepat sehingga justru akan mengurangi manfaat konsumsi buah dan sayur.

Beberapa kondisi yang menyebabkan konsumsi buah dan sayur menjadi tidak sehat adalah:

1. Pemilihan buah dan sayur yang tidak sesuai dengan kondisi kesehatan

Kita tentu sering mendengar ya ada beberapa jenis buah yang tidak boleh dikonsumsi pada beberapa kondisi tertentu. Misalnya buah asam harus dihindari penderita sakit tipes atau buah yang sangat manis dilarang bagi penderita diabetes.

Pemilihan buah atau sayur yang tidak tepat tentu akan menyebabkan kondisi kesehatan tubuh menjadi kurang optimal. Untuk itu selalu cermati apa saja jenis buah yang boleh dikonsumsi untuk kondisi kesehatan yang mungkin sedang Anda alami.

2. Mengonsumsi sayur bergas terlalu banyak

Hal ini cukup jarang disadari banyak orang namun sangat kerap terjadi. Sebagian jenis sayur yang cukup mudah kita peroleh ternyata merupakan jenis sayuran yang bergas, sebut saja kubis, brokoli, kembang kol atau sawi.

Hal ini kerap menimbulkan gas pada tubuh sehingga perut akan menjadi kembung. Selain itu pada orang yang memiliki riwayat gangguan pencernaan, misalnya maag, konsumsi sayuran bergas juga bisa menimbulkan rasa tidak nyaman pada perut.

3. Buah dan sayur yang berpestisida

Seperti yang kita ketahui, paparan bahan kimia pada bahan makanan yang masuk dalam tubuh tentu akan menimbulkan gangguan kesehatan.

Jika buah dan sayur yang kita konsumsi tidak dicuci dengan benar atau hingga pestisidanya hilang, maka manfaat dari konsumsi buah dan sayur bisa jadi sangat berkurang. Maka dari itu selalu pastikan agar Anda selalu mencuci buah dan sayur hingga kandungan pestisidanya hilang, ya.