Haid Terlambat Apakah Normal

Dok,saya sudah saya terakhir haid hari pertama tgl 29 mei, saya coba pakai kalkulator kesuburan yang ada di dokter sehat  seharusnya saya haid tgl 31 paling telat tgl 3 juli.



Nah sampai tgl 21 baru haid,apakah saya normal dok?apa ada penyakit?dan mungkinkah saya bisa hamil dengan usia saya yang masih 20 tahun?mohon dok bantu saya untuk menjawab nya..

– Lidiawati –

Jawab
Halo Saudari Lidiawati,

Jangan mudah cemas dengan hal itu, berikut beberapa penjelasan yang semoga bisa menenangkan:

  1. HAMIL : haid terlambat merupakan gejala utama yang peling penting untuk hamil. Akan tetapi disini akan menjadi penting apabila hanya pada wanita yang pernah melakukan hubungan intim (seperti suami istri) yang terjadi pembuahan (sel telur yang sudah dibuahi oleh sperma).
  2. HORMON :hormon juga penting untuk mengatur haid. Haid terlambat ini dapat terutama pada wanita yang usia dibawah 20 tahun kemungkinan haid terlambat lebih besar daripada diatas 20 tahun, hal ini dikarenakan hormonnya sedang berkembang, jadi datang haid nya bisa terlambat atau bisa juga lebih cepat
  3. STRES : stres juga dapat menganggu haid, bahkan bisa ada wanita yang sampai berbulan-bulan tidak dapat haid.
  4. DIET (turunkan berat badan) :mengurangi makanan dapat menganggu hormon
  5. Konsumsi obat-obatan : ada obat-obat tertentu yang dapat penganggu haid seperti alat kontrasepsi terutama kontrasepsi suntik.

Dari faktor-faktor tersebut anda sudah dapat memilih penyebab mana yang terjadi dalam diri anda. Terima kasih atas pertanyaannya…salam kenal 🙂
Oleh

Dr. Lita, S. Ked
Team DokterSehat.com