Hai Girls – Rawat Payudara Kalian Sejak Dini Yuk!

DokterSehat.Com – Merawat payudara menjadi hal penting bagi setiap perempuan berusia muda maupun tua. Dengan merawatnya, Anda pun bisa mencegahnya dari serbuan penyakit maupun tanda-tanda penuaan.



Tips khusus untuk menjaga kesehatan dan kebugaran payudara dapat kalian lakukan di rumah secara rutin, berikut caranya :

  • Siapkan handuk yang sudah direndam air hangat, minyak bulus, kapas basah, masker payudara, air mawar, air hangat, es, dan kapas yang telah dibasahi penyegar.
  • Bersihkan payudara dengan handuk yang sudah direndam air hangat. Lakukan dalam posisi terlentang.
  • Usap lembut kulit payudara dengan handuk tersebut, lalu keringkan. Oleskan minyak bulus atau zaitun, lalu pijat-pijatlah payudara dengan lembut selama 10-15 menit. Mintalah bantuan orang terdekat, akan lebih baik hasilnya.
  • Bersihkan kembali payudara dengan handuk basah, lalu keringkan dengan cara alami. Jangan jemur di bawah terik matahari ya.
  • Tutup puting susu dengan kapas basah. Setelah itu campurkan masker dengan air mawar, kemudian oleskan secara merata pada payudara dengan menggunakan kuas lembut. Biarkan selama 10-15 menit atau sampai masker kering.
  • Selanjutnya bilas payudara dengan air hangat hingga bersih, lalu kompres dengan es. Tepuk-tepuklah payudara dengan kapas yang telah dibasahi penyegar.

Namun selain itu juga harus memperhatikan juga hal-hal umum yang mungkin oleh para remaja wanita juga perlu ketahui, karena ini juga akan berpengaruh terhadap kesehatan payudara yaitu :

  • Size bra
    Ya, salah satu hal yang penting adalah ukuran bra. Kalian harus memperhatikan ini ya. Ukuran bra yang tidak tepat dapat membuat bentuk payudara kurang kencang (kendor). Pastikan gunakan bra yang tepat ya girls, demi menghindarkan  cedera payudara tergantung bebas terlalu lama tanpa adanya alat bantu yang menyokong payudara. Kalian tentunya tidak mau memiliki payudara seperti nenek-nenek bukan!
  • Push-up
    Nah, olahraga satu ini mungkin kebanyakan remaja wanita malas melakukannya. Push up dapat memperkuat otot dada di bawah jaringan payudara sehingga dapat mengencangkannya. Namun berhati-hati, karena jika berlebihan dalam mengembangkan otot, payudara justru akan lebih kecil.
  • Konsumsi makanan sehat & seimbang
    kegiatan ini yang tidak pernah terlewatkan pastinya kan girls? Tetapi apakah sudah diperhatikan jenis makanan apa yang kalian konsumsi itu sehat atau tidak. Nah mulai saat ini pastikan kalian, remaja wanita mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan estrogen cukup tinggi misal kedelai, gandum, produk susu, dan keju. Bahan, kimia bernama brom dan mangan juga dapat membantu merangsang hormon seks alami pada tubuh. Kalian bisa menemukan kedua bahan kimia alami ini pada beras, jagung, udang, kerang, apel, pir, dan kacang almond.