Habbatussauda Efektif Mengatasi Asma Bronkial

DokterSehat.com – Asma bronkial merupakan penyakit yang ditandai dengan peningkatan reaksi bronkus terhadap berbagai rangsangan dengan manifestasi adanya penyempitan jalan napas yang luas dan tingkatnya berubah-ubah baik dengan pengobatan ataupun terjadi spontan.



Timbulnya serangan asma bisa dipengaruhi beberapa faktor predisposisi dan presipitasi. Faktor predisposisi adalah genetik, sementara faktor presipitasi adalah alergen, stress, perubahan cuaca, aktivitas fisik yang berat atau olahraga berlebihan, serta lingkungan kerja.

Penderita asma akan mengalami kesulitan saat bernapas akibat kontraksi spastik dari otot polos bronkus (bronkokonstriksi). Umumnya serangan asma disebabkan oleh hipersensitivitas bronkhioulus dengan benda-benda asing di udara.

Berkaitan dengan penyakit asma, berbagai penelitian dilakukan untuk mengetahui efektivitas habatussauda pada penderita asma. Menurut hasil penelitian tersebut, dapat diketahui:

  • Biji Habbatussauda mempunyai efek bronkodilator
  • Minyak biji Habbatussauda peroral dapat menurunkan infiltrasi sel radang pada saluran pernapasan mencitBalb/ C jenis asma alergi.
  • Nigellone, kandungan dalam Habbatussauda berfungsi sebagai bronkodilator, menghambat pelepasan histamin oleh sel mast.

Penelitian ini telah diuji pada hewan maupun penderita asma dewasa dan anak-anak. Hasil penelitian menunjukkan efektivitas anti asma bekerja lebih baik pada anak-anak ketimbang orang dewasa.

Dalam riset tersebut, uji Habbatussauda diberikan kepada anak usia 5 hingga 15 tahun. Pengukuran dilakukan terhadap Pulmonary index (PI) dan Peak Expiratory Flow Rate (PEFR). Kesimpulan dari penelitian tersebut menyebutkan bahwa pemberian Habbatussauda memberikan keuntungan dalam terapi yang diberikan.

Pada terapi ini sebaiknya dilakukan dengan dosis yang tepat. Untuk menangani asma bronkhial dengan minyak dosisnya adalah 40 sampai 80 mg/ kg perhari. Untuk mendapatkan efek yang cepat, campurkan setengah sendok makan minyak Habbatussauda dalam minuman panas. Hirup kuat-kuat uapnya, lalu minum airnya hingga habis bila sudah dingin. Lakukan 2 kali sehari. Ketika menghirup uap minyak habbatussauda ini, usahakan mata dalam keadaan tertutup karena seringkali minyak volatilnya berasa pedih di mata. 

Baca Juga:  Alternatif Lain Mengobati Asma