Gusi Benjol, Apa Penyebabnya?

doktersehat-cara-atasi-sakit-gigi

DokterSehat.Com– Jika kita membahas tentang kesehatan mulut, hal pertama yang akan kita bayangkan tentu saja adalah kesehatan gigi kita. Padahal, selain gigi, kita juga sebaiknya menjaga kesehatan gusi kita. Jika sampai gusi kita bermasalah, tak hanya gusi yang akan mengalami gangguan, melainkan juga gigi, mulut secara keseluruhan, hingga sampai ke jantung kita.

Salah satu masalah kesehatan gigi yang kerap menyerang masyarakat adalah gusi benjol. Tak hanya bisa memicu rasa ngilu, cukup banyak orang yang mengaku kesulitan untuk mengunyah makanan dengan nyaman akibat dari adanya benjolan gusi ini.

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa ada beberapa jenis benjolan gusi yang perlu kita waspadai, salah satunya adalah fitsula, kondisi dimana gusi mengalami reaksi peradangan yang seringkali dipicu oleh infeksi gigi berlubang. Tak hanya membuat membuat gusi menjadi terlihat menjadi berwarna kemerahan dan licin, kadangkala fitsula ini bisa mengeluarkan darah atau nanah, apalagi jika disentuh dengan jari atau lidah.

Fitsula kerap terjadi pada kaum hawa, khususnya yang sedang mengalami gangguan keseimbangan kadar hormon. Hanya saja, hal ini juga bisa terjadi pada siapa saja jika gusi mengalai iritasi atau trauma. Saat fitsula datang, maka gusi akan membenjol dengan warna yang cukup bervariasi dari merah muda hingga merah keunguan. Fitsula juga seringkali muncul pada rahang bawah gigi bagian depan atau pada bagian gigi geraham.

Selain fitsula, gusi yang membenjol juga bisa disebabkan oleh masalah perikoronotis, atau peradangan pada jaringan lunak di sekitar mahkota gigi. Kedua masalah kesehatan ini tidak boleh kita sepelekan begitu saja dan sebaiknya harus segera diperiksakan ke dokter gigi agar bisa mendapatkan penanganan medis yang tepat.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik