Gusi Bengkak Yang Menyiksa

DokterSehat.Com – Sering kali kita mendengar iklan layanan masyarakat yang menyerukan pentingnya menjaga kesehatan gigi di mulut kita. Padahal, disamping gigi, terdapat gusi dan lidah yang juga harus kita jaga dengan baik. Kita tentu tak ingin bukan meskipun gigi kita dalam kondisi yang bersih dan sehat, namun kita justru mengalami rasa sakit yang menyiksa di area gusi. Gusi bengkak bisa memicu rasa sakit yang membuat kepala pusing dan rasa tidak nyaman untuk berkegiatan apapun. Apa sajakah penyebab dari gusi bengkak?



Kebersihan mulut adalah isu utama dari adanya masalah gusi bengkak. Sering kali kita meninggalkan sisa makanan yang menempel pada sela-sela gusi dan gigi. Memang, kita sudah rajin menyikat gigi dua kali sehari setidaknya setelah makan dan sebelum tidur. Namun, sering kali teknik menyikat gigi kita kurang baik sehingga masih banyak sisa makanan yang ada di area gusi. Adanya sisa makanan ini bisa mengundang bakteri yang menyebabkan gusi yang bengkak. Untuk memastikan gusi anda sehat, disamping gigi, area lidah, gusi dan keseluruhan mulut harus benar-benar dalam kondisi bersih.

Konsumsi makanan yang kurang bergizi dan kurang sehat ternyata juga bisa menjadi pemicu masalah gusi bengkak. Biasanya, makanan yang memiliki banyak kandungan gula ternyata bisa menjadi pemicu masalah gusi bengkak. Disamping itu, jika anda kurang mengkonsumsi makanan yang mengantung vitamin C, maka anda pun akan beresiko mengalami masalah di area gusi anda. Disamping itu, penggunaan behel atau kondisi hamil juga bisa menjadi pemicu masalah pada gusi.

Untuk mengatasi gusi yang membengkak, kita bisa memakai banyak ramuan tradisional yang mudah dibuat. Campuran satu gelas air hangat dan jeruk nipis yang matang bisa kita pakai untuk berkumur di malam hari sebelum tidur dan saat bangun pagi. Ramuan ini bisa mengobati pembengkakan gusi secara efektif. Jika anda memiliki madu, anda bisa mengoleskan madu pada bagian gusi yang bengkan dan sakit setidaknya tiga kali sehari. Madu dikenal cukup ampuh mengobati gusi bengkak dengan cepat. Hanya saja, untuk mengurangi kadar bakteri dari gusi yang membengkak ini, ada baiknya anda juga banyak-banyak minum air putih. Air putih sendiri dipercaya dapat menghilangkan bakteri dengan efektif.