Gusi Bengkak dan Sering Berdarah Bisa Mengindikasikan Terjadinya Periodontitis

DokterSehat.com – Periodontitis merupakan radang gusi parah yang bisa menyebar sampai ke struktur pendukung gigi. Peradangan pada gusi ini disebabkan oleh infeksi bakteri yang berkembang biak di plak dan tartar yang terdapat di antara gusi dan gigi yang menyebar sampai ke tulang bawah gigi sehingga mempengaruhi jaringan yangmengelilingi dan menyokong gigi.



Gejala

Awalnya periodontitis tidak menimbulkan rasa sakit pada penderitanya, tapi pada tahapan selanjutnya peradangan ini bisa menyebabkan gigi mudah lepas. Bakteri yang menginfeksi gusi bisa menggerus tulang penyokong gigi dan melemahkan perlekatannya. Periodontitis menjadi penyebab umum tanggalnya gigi pada orang dewasa.

Periodontitis biasanya menunjukkan gejala yang tidak terlalu parah sehingga banyak orang yang berobat setelah penyakit berkembang lebih parah. Periodontitis biasanya menunjukkan gejala:

  • Gusi sering membengkak
  • Bau mulut dan mulut terasa getir terus menerus
  • Gigi tampak memanjang akibat penyikatan gigi yang terlalu keras atau bulu sikat yang terlalu kaku.
  • Gusi memerah atau berdarah saat menggigit makan keras atau menyikat gigi
  • Adanya lubang dalam antara gusi dan gigi
  • Gigi longgar pada tahap lanjut

Penyebab

Kondisi mulut yang kotor akibat jarang menyikat gigi menjadi penyebab utama terjadinya periodontitis. Selain itu, nikotin yang terkandung dalam rokok juga bisa memicu periodontitis. Karena itulah perokok aktif lebih berisiko terkena periodontitis ketimbang non-perokok. Penyakit ini bisa lebih parah bila pasien menderita diabetes yang kurang terkontrol.

Pengobatan

Pengobatan periodontitis bertujuan untuk menghilangkan plak dan tartar, mengatasi kerusakan gusi dan gigi, mengurangi peradangan, serta menambal lubang bila ada. Jika diperlukan dokter akan melakukan pembedahan untuk mengoreksi lubang gusi dan menguatkan gigi yang goyah. Pencabutan gigi mungkin akan dilakukan supaya penyakitnya tidak bertambah buruk dan menyebar ke gigi sekitarnya.