Gula Lebih Cepat Menyembuhkan Luka Ketimbang Antibiotik

Doktersehat.com – Gula diketahui dapat mengganggu kesehatan bila dikonsumsi secara berlebihan. Namun, butiran gula juga dapat bermanfaat untuk menyembuhkan luka.



Penelitian terbaru menemukan butiran gula yang ditaburi pada luka dapat membantu proses penyembuhan luka  lebih cepat ketimbang menggunakan antibiotik.  Studi ini dilatarbelakangi pengobatan tradisional orang Afrika zaman dulu.

Penelitian dipimpin oleh Murandu yang notabene tumbuh di Zimbabwe.  Saat kecil Murandu kerap melihat ayahnya menyembuhkan luka dengan menggunakan gula.

Metode pengobatan tradisional yang kerap dilakukan ayahnya inilah yang memicu Murandu untuk meneliti lebih jauh pengobatan tradisional yang bersal dari Afrika ini.

Hasil studi menunjukkan bahwa gula mampu menarik air dari luka, padahal air sangat dibutuhkan bakteri untuk bertahan hidup. Inilah alasan luka dapat sembuh lebih cepat jika ditaburi luka.

Sudah ada 35 orang yang menjalani pengobatan luka dengan menggunakan gula. Salah satunya Bayliss yang mengalami luka di kakinya yang tak kunjung sembuh selama dirawat di Queen Elizabeth Hospital, Birmingham. Setelah menjalani perawatan gula dalam waktu 2 minggu, secara drastis ukuran lukanya makin berkurang.

Dari beberapa orang yang menjalani metode pengobatan dengan gula ini diketahui kondisinya makin baik dan tidak dilaporkan adanya efek samping.

Sumber: detik.com