Gula Darah yang Timbul Akibat Kurang Tidur

http://doktersehat.com/diabetes/Tidur adalah bagian penting dalam hidup kita. Tahukah Anda bahwa Anda memerlukan tidur paling sedikit 8 jam sehari? Jika tidak, tubuh Anda akan menjadi rentan terhadap penyakit. Di pagi hari Anda akan bangun dengan rasa lelah, suasana hati yang buruk, dan Anda pun tidak dapat berkonsentrasi dengan baik pada saat beraktivitas. Lambat laun, penuaan dini dan penyakit-penyakit serius akan datang menghampiri Anda. Tidur yang berkualitas dan cukup bisa membantu menstabilkan gula darah. Itu sebabnya orang yang menderita diabetes disarankan untuk menata pola tidurnya.

doktersehat-diabetes-penyakit-berbahaya-bisul-hemofilia-A-tes-HbA1c

Dalam jurnal Diabetes Care, para peneliti dari University of Chicago mengungkapkan penderita diabetes yang memiliki pola tidur yang buruk memiliki kadar glukosa lebih tinggi dan lebih sulit mengendalikan penyakitnya.

Para peneliti membandingkan 40 penderita diabetes melitus dengan 531 orang sehat. Para peneliti ingin mengetahui kaitan potensial antara kualitas tidur, kadar gula darah dan penanda lain yang menunjukkan diabtes terkontrol. Pada orang yang diabetes, ada kaitan antara kualitas tidur yang buruk dengan kadar gula darah yang tinggi. Kaitan itu tidak  didapatkan pada orang yang tidak menderita diabetes

Untuk risetnya, Knutson memantau tidur para responden dengan memasang monitor aktivitas yang dipasang di tangan. “Bila tangan banyak digerakkan berarti sedang terjaga,” katanya. Para responden juga melaporkan kualitas tidur mereka.

Tim peneliti menemukan orang yang diabetes yang mengalami gangguan tidur memiliki kadar gula darah puasa 23 persen lebih tinggi, kadar insulin puasa 48 persen lebih tinggi dan resistensi insulin 82 persen lebih tinggi dibanding dengan orang yang diabetes namun pola tidurnya normal.

Orang yang diabetes biasanya kegemukan dan berat badan berlebih akan mengganggu kualitas tidur. Obesitas juga berkaitan dengan sleep apnea atau henti napas sejenak saat tidur.

Namun Zonszein dan Knutson sependapat bahwa orang yang diabetes harus lebih memperhatikan pola tidurnya. “Mengurangi stres adalah salah satu cara untuk mendapatkan tidur yang nyenyak,” katanya.

Baca Juga:  10 Manfaat Kayu Manis Bagi Kesehatan

Tidur Berkualitas dengan HDI Melatonin
Agar gula darah tetap terkendali, maka memperbaiki kualitas tidur Anda mutlak diperlukan. Tentu saja tidur yang berkualitas tidak mudah didaptkan. Namun jika ingin mendapatkannya dengan cara mudah dan aman, maka HDI Melatonin adalah pilihan cerdasnya.

Melatonin adalah hormon yang diproduksi oleh kelenjar pineal di otak, yang berfungsi mengatur sistem kerja tubuh secara harmonis sehingga tubuh dapat beristirahat dengan cukup. Hormon inilah yang membantu anda untuk tidur di malam hari. Kadar melatonin rendah pada siang hari tetapi pada malam hari melatonin diproduksi dan menstimulasi kemampuan tubuh untuk tidur.

Melatonin mencapai tingkat paling tinggi pada waktu tengah malam, dan kembali menurun sebelum waktu bangun tidur pada biasanya. Akan tetapi, kadar hormon melatonin cenderung menurun seiring dengan bertambahnya usia, bahkan, produksi melatonin mulai berkurang semenjak usia 21 tahun dan berhenti setelah usia 65 tahun. Tapi, kini Anda tidak perlu khawatir. Anda dapat menikmati istirahat yang cukup dan berkualitas dengan HDI Melatonin.

HDI Melatonin memeiliki manfaat yang telah terbukti secara klinis. Manfaat tersebut adalah membantu meningkatkan kualitas tidur Anda secara alami, sangat bermanfaat untuk membantu mengatasi masalah tidur, terutama bagi penderita insomnia dan mereka yang mengalami jetlag, sebagai antioksidan kuat, sebagai anti-penuaan, membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Yang membuat HDI Melatonin berbeda adalah proses pelepasannya yang mana melatonin dilepaskan secara bertahap dari tablet ke dalam tubuh sehingga memberikan efek terapi yang konsisten.

Anda pun dapat menikmati tidur berkualitas sepanjang malam dan merasa segar keesokan harinya. Selain itu HDI Melatonin tidak menyebabkan ketergantungan seperti obat tidur pada umumnya.