Benarkah Golongan Darah Menentukan Kepribadian Seseorang?

golongan_darah_karakter_doktersehat_1
Photo Source: Faktagoldarhpedia.xyz

DokterSehat.Com– Kita tentu sering melihat komik yang menunjukkan perbedaan kepribadian yang didasari oleh golongan darah. Sebenarnya, apakah benar golongan darah bisa tentukan kepribadian seseorang?

Dilansir dari BBC, hal ini cenderung dipercaya oleh masyarakat Jepang. Sebagai contoh, orang dengan:

  • Golongan darah A dianggap sebagai orang yang sensitif dan perfeksionis
  • Golongan darah B dianggap sebagai orang yang ceria
  • Golongan darah AB cenderung misterius
  • Golongan darah O biasanya selalu ingin tahu

Bahkan, banyak pakar yang sengaja melakukan penelitian untuk mencari tahu kaitan antara golongan darah dengan kepribadian seseorang.

Hanya saja, Terumitsu Maekawa dari Tokyo’s Asia University yang pernah menulis beberapa buku tentang golongan darah justru meluruskan hal ini dengan berkata bahwa golongan darah tidak bisa dijadikan patokan untuk menentukan kepribadian seseorang.

“Kita memang bisa mengetahui kecenderungan umum dari sekelompok golongan, tapi kita tidak bisa menentukan kepribadian seseorang hanya berdasarkan golongan darah yang dimilikinya,” jelas Maekawa.

Dalam penelitian yang ia lakukan, sekelompok orang dengan golongan darah yang dominan ternyata juga bisa memengaruhi kepercayaan agama atau norma-norma apa saja yang diyakini oleh masyarakat tempat mereka tinggal.

Sebagai contoh, di Eropa atau negara Barat memiliki 85 persen masyarakat dengan golongan darah A dan O. Sementara itu, di Asia dan Asia Selatan kebanyakan masyarakatnya memiliki golongan darah B.

Khusus untuk Jepang, variasi golongan darah di negara tersebut cenderung cukup banyak. Hanya saja, disana golongan darah AB tergolong langka. Khusus bagi orang yang memiliki golongan darah ini, banyak orang yang menganggapnya sulit untuk dimengerti atau dianggap aneh.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya kita tidak benar-benar mempercayai komik kepribadian berdasarkan golongan darah. Anggaplah hal tersebut sebagai sesuatu yang lucu dan hiburan saja karena belum tentu bisa dipastikan kebenarannya.