Golongan Darah AB Rentan Terserang Gangguan Kesehatan Ini

DokterSehat.Com – Sebuah studi telah mengaitkan adanya hubungan golongan darah AB dengan risiko peningkatan pembekuan darah. Kondisi ini bahkan bisa mengancam nyawa penderitanya.

doktersehat-Polisitemia-Vera-sumsum-darah-thalassemia-hemofilia-B-bekuan-darah

Terlalu lama duduk pasif merupakan salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya pembekuan darah. Duduk berjam-jam di pesawat, istirahat total di tempat tidur setelah operasi besar, dan dehidrasi dapat mengakibatkan darah membeku. Pembekuan darah bisa menyebabkan seseorang menjadi sulit bernapas, mengalami rasa sakit yang tak tertahankan, bahkan bisa mengakibatkan kematian bila pasokan darah terganggu.

Faktor genetik dinilai berperan besar terhadap risiko terjadinya bekuan darah. Salah satunya adalah faktor mutasi gen yang disebut juga dengan Factor V Leiden dan adanya agen bekuan darah, yakni prothrombin. Selain itu, seseorang yang memiliki golongan darah AB berisiko 4 persen lebih besar mengalami bekuan darah ketimbang orang yang bergolongan darah O.

Golongan darah AB merupakan golongan darah yang memiliki faktor A dan B di sel darah merah yang mengakibatkan naiknya level von Willerand. Makin tingginya kadar level ini dapat memicu bekuan darah.
Meski begitu, tidak semua orang dengan golongan darah AB akan mengalami bekuan darah. Namun, golongan darah bisa mengindikasikan siapa saja yang paling berisiko VTE.

Sebagai pencegahan, sebaiknya lakukan peregangan pada otot-otot kaki secara teratur bila Anda berada dalam perjalanan yang lama serta pastikan Anda cukup mengonsumsi air.