Golf, Olahraga Asik yang Membuat Panjang Umur

DokterSehat.Com – Anda suka bermain golf? Maka beruntunglah anda karena sebuah penelitian menunjukkan jika olahraga ini bisa membuat anda panjang umur. Golf memang dikenal luas menjadi olahraga yang terkesan mahal dan hanya mampu dilakukan oleh mereka dari golongan kelas atas atau bahkan digunakan sebagai pertemuan yang membicarakan masalah bisnis. Namun, melihat adanya fakta yang dijabarkan oleh The British Journal of Sport Medicine yang menyebutkan jika golf bisa menurunkan resiko terkena 40 penyakit kronis, kita tentu akan tertarik untuk melakukannya tanpa harus menjadi orang kalangan kelas atas terlebih dahulu, bukan?

doktersehat-golf-sehat-olahraga

Fakta tentang banyaknya manfaat yang bisa didapatkan dari olahraga golf ini didapatkan dari penelitian yang dilakukan di University of Edinburgh, Skotlandia. Dari penelitian ini, diketahui bahwa golf sangalah direkomendasikan untuk berbagai kalangan usia karena sangat baik untuk kesehatan fisik dan mental. Dengan bermain golf, kita bisa memperbaiki kadar kolesterol dalam tubuh, memperbaiki postur tubuh, dan mendapatkan kepuasan serta menurunkan kadar stres. Hal ini akan berimbas pada meningkatnya harapan hidup hingga lima tahun lebih lama.

Golf akan membuat kita meningkatkan keseimbangan dan daya tahan otot pada tubuh. Selain itu, kesehatan sistem kardiovaskular, sistem metabolisme, hingga sistem pernafasan juga akan semakin membaik. Karena alasan inilah kita bisa menurunkan resiko terkena penyakit kronis nan mematikan layaknya penyakit jantung, kanker usus, kanker payudara, diabetes, hingga penyakit mental layaknya kecemasan, depresi, hingga demensia.

Pakar kesehatan yang merupakan pemimpin dari penelitian ini, Andrew Murray menyebutkan jika olahraga golf tidak boleh lagi dianggap sebagai olahraga orang kaya saja mengingat hanya 55 juta orang yang memainkannya di seluruh dunia. Ia pun berharap lebih banyak orang memainkannya dan memanfaatkan efek positifnya bagi tubuh mengingat sebenarnya 78 persen tempat bermain golf dibuka untuk umum, bukan hanya bagi anggota klub golf saja.