Glukosamin Hidroklorida (3)

Nama: Glukosamin Hidroklorida



Efek Samping
Glukosamin hidroklorida mungkin AMAN untuk kebanyakan orang dewasa ketika diminum sampai 2 tahun. Glukosamin hidroklorida dapat menyebabkan kembung dan kram perut.

Tanyakan dokter Anda tentang merek terpercaya.

Kewaspadaaan

  • Kehamilan dan menyusui: Tidak ada informasi yang dapat dipercaya cukup tentang keselamatan mengkonsumsi glukosamin hidroklorida jika Anda sedang hamil atau menyusui. Untuk amannya, menghindari penggunaan.
  • Asma: Glukosamin hidroklorida mungkin membuat asma lebih buruk. Jika Anda memiliki asma, gunakan hati-hati dengan glukosamin hidroklorida.
  • Diabetes: Beberapa penelitian awal menunjukkan bahwa glucosamine mungkin meningkatkan gula darah pada penderita diabetes. Namun, penelitian lebih handal menunjukkan bahwa glucosamine tampaknya tidak signifikan mempengaruhi gula darah pada orang dengan diabetes tipe 2. Glucosamine dengan monitoring gula darah rutin tampaknya aman bagi kebanyakan orang dengan diabetes.
  • Kolesterol tinggi: Ada beberapa kekhawatiran bahwa glucosamine dapat menyebabkan kadar kolesterol meningkat pada beberapa orang. Glukosamin dapat meningkatkan kadar insulin. tingkat insulin yang tinggi berhubungan dengan kadar kolesterol meningkat. Namun, efek ini belum dilaporkan pada manusia. Untuk berada di sisi yang aman, menggunakan glukosamin hati-hati jika Anda memiliki kadar kolesterol tinggi.
  • Tekanan darah tinggi: Ada beberapa kekhawatiran bahwa glucosamine dapat menyebabkan tekanan darah meningkat pada beberapa orang. Glukosamin dapat meningkatkan kadar insulin. tingkat insulin yang tinggi berhubungan dengan tekanan darah meningkat. Namun, efek ini belum dilaporkan pada manusia. Untuk berada di sisi yang aman, gunakan glukosamin dengan hati-hati jika Anda memiliki tekanan darah tinggi.
  • Alergi kerang: Ada beberapa kekhawatiran bahwa produk glucosamine dapat menyebabkan reaksi alergi pada orang yang sensitif terhadap kerang. Glukosamin diproduksi dari cangkang udang, lobster, dan kepiting. Namun, reaksi alergi pada orang dengan alergi kerang disebabkan oleh daging kerang, bukan cangkangnya. Tidak ada laporan dari reaksi alergi terhadap glukosamin pada orang yang alergi terhadap kerang. Ada juga beberapa informasi bahwa orang-orang dengan alergi kerang aman mengkonsumsi produk glukosamin.
  • Bedah: hidroklorida Glucosamine dapat mempengaruhi kadar gula darah dan mungkin mengganggu kontrol gula darah selama dan setelah operasi. Berhenti menggunakan glukosamin hidroklorida minimal 2 minggu sebelum operasi dijadwalkan.