Glukosamin Hidroklorida (2)

Nama: Glukosamin Hidroklorida



Penggunaan

Bukti tidak cukup untuk:

  • Kolesterol Tinggi. Penelitian awal menunjukkan bahwa glukosamin hidroklorida tidak mempengaruhi kadar kolesterol atau trigliserida pada orang dengan kolesterol tinggi.
  • Tulang dan penyakit sendi disebut penyakit Kashin-Beck. bukti awal menunjukkan bahwa mengkonsumsi glukosamin hidroklorida bersama dengan kondroitin sulfat mengurangi rasa sakit dan meningkatkan fungsi fisik pada orang dewasa dengan tulang dan kelainan sendi disebut penyakit Kashin-Beck. Efek glukosamin sulfat pada gejala penyakit Kashin-Beck dicampur ketika suplemen dikonsumsi sebagai agen tunggal.
  • Sakit lutut. Ada beberapa bukti awal bahwa glukosamin hidroklorida dapat membantu meredakan nyeri untuk orang yang memiliki sakit lutut sering terjadi sebagai akibat dari cedera sendi.
  • Ada bukti yang bertentangan tentang efektivitas glukosamin hidroklorida untuk osteoarthritis. Sebagian besar bukti yang mendukung penggunaan glukosamin hidroklorida datang dari penelitian terhadap produk tertentu (CosaminDS, Nutramax Laboratories). Produk ini mengandung kombinasi glukosamin hidroklorida, kondroitin sulfat, dan askorbat mangan. Beberapa bukti menunjukkan bahwa kombinasi ini dapat meredakan rasa sakit pada orang dengan osteoarthritis lutut. Kombinasi ini mungkin bekerja lebih baik pada orang dengan osteoarthritis ringan sampai sedang dibandingkan pada orang dengan osteoarthritis yang berat. Produk lain (Gurukosamin & Kondoroichin, Suntory Wellness Ltd, Tokyo, Jepang) yang mengandung glukosamin hidroklorida, kondroitin sulfat, dan glikosida kuersetin juga tampaknya memperbaiki gejala osteoarthritis lutut. Beberapa bukti menunjukkan bahwa mengkonsumsi produk tertentu (Droglican, Bioiberica S.A., Barcelona, ??Spanyol) yang mengandung glukosamin hidroklorida dan chondroitin sulfat mengurangi rasa sakit pada orang dewasa dengan osteoarthritis lutut. Namun, penelitian lain menunjukkan bahwa formula yang mengandung glukosamin hidroklorida dan chondroitin sulfat tidak efektif dalam mengurangi rasa sakit pada pasien dengan osteoarthritis lutut.
Baca Juga:  Asam Mefenamat (4)

Kebanyakan penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi glukosamin hidroklorida saja tidak mengurangi rasa sakit pada orang dengan osteoarthritis lutut.

Lebih banyak penelitian telah dilakukan pada glukosamin sulfat (lihat daftar terpisah) dari pada glukosamin hidroklorida. Ada beberapa pemikiran bahwa glukosamin sulfat mungkin lebih efektif daripada glukosamin hidroklorida untuk osteoarthritis. Kebanyakan penelitian membandingkan dua bentuk glukosamin tidak menunjukkan perbedaan. Namun, beberapa peneliti telah mengkritik kualitas beberapa studi ini.

  • Radang sendi. Penelitian awal menunjukkan bahwa mengkonsumsi produk glukosamin hidroklorida tertentu (Rohto Pharmaceutical Co) dalam kombinasi dengan perawatan medis mengurangi rasa sakit. Namun, produk ini tampaknya tidak mengurangi peradangan atau mengurangi jumlah nyeri sendi atau bengkak.
  • nyeri rahang (gangguan temporomandibular). Penelitian awal menunjukkan bahwa mengkonsumsi kombinasi glukosamin hidroklorida, kondroitin sulfat, dan kalsium askorbat dua kali sehari mengurangi pembengkakan dan nyeri sendi, serta suara yang dibuat pada sendi rahang, pada orang dengan gangguan temporomandibular.
  • Sakit punggung.
  • Penurunan berat badan.
  • Kondisi lain.

Bukti lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui manfaat glukosamin hidroklorida