Kelapa Tua Dan Kelapa Muda, Mana Yang Lebih Bergizi?

doktersehat-gizi-kelapa-tua-muda
Photo Credit: Flickr.com/John Revo Puno

DokterSehat.Com– Menurut Anda, mana sih yang lebih bergizi, kelapa tua ataukah kelapa muda? Meskipun sama-sama enak, namun ternyata baik kelapa tua dan kelapa muda mempunyai kandungan gizi tersendiri, lho. Kira-kira, apa saja sih beda kandungan gizinya?

Seperti yang kita ketahui, dari penampakan fisik maka kelapa tua memiliki daging buah yang lebih tebal dan cenderung lebih keras, sedangkan daging buah kelapa muda lebih lembut.

Hal inilah yang membuat kita bisa memanfaatkan keduanya yaitu sebagai pembuatan santan atau minyak kelapa untuk kelapa tua, sedangkan kelapa muda tentu sangat nikmat untuk dibuat sebagai minuman ya.

Selain berbeda kegunaan, beberapa perbedaan kandungan gizi yang ada pada kelapa tua dan kelapa muda adalah:

1. Kandungan kalori kelapa muda lebih rendah dari kelapa tua

Seperti umumnya bahan makanan lain, kelapa muda memiliki kandungan kalori yang lebih rendah dibandingkan dengan kelapa tua.

Hal ini tentu wajar karena pada kelapa muda gizi pada daging dan cairan pada kelapa muda belum terbentuk sempurna.

2. Kandungan vitamin dan mineral pada kelapa tua lebih lengkap dari kelapa muda

Kelapa tua telah memiliki kandungan gizi yang terbentuk sempurna, hal ini menyebabkan berbagai kandungan vitamin dan mineral yang ada pada daging dan air kelapa tua lebih tinggi daripada kelapa muda.

Selain itu daging kelapa tua yang lebih tebal telah memiliki kandungan minyak yang bisa dimanfaatkan untuk pembuatan minyak kelapa.

3. Kandungan air kedua jenis kelapa sama-sama baik untuk tubuh

Meskipun kelapa muda kerap disebut memiliki kandungan air yang lebih banyak, namun hal ini sangat bergantung dari jenis dan ukuran kelapa.

Namun, baik kelapa muda maupun kelapa tua sama-sama memiliki kandungan air yang kaya akan kalium yang baik untuk menjaga elektrolit tubuh.

Jadi kedua jenis kelapa sama-sama memiliki kandungan gizi yang baik untuk tubuh, ya.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik