Harus Dipenuhi, Ini 5 Zat Gizi Penting Bumil Trimester Tiga

doktersehat-gizi-trimester-tiga

DokterSehat.Com– Memasuki masa kehamilan trimester akhir tentu menjadi masa menyenangkan karena akan menyambut kedatangan buah hati. Selain persiapan fisik dan mental jelang persalinan, asupan gizi harus tetap mendapatkan perhatian, ya.

Asupan gizi pada trimester akhir kehamilan menjadi penting karena pada masa ini janin mengalami tahap penyempurnaan pembentukan tubuh dan organ, selain itu ibu juga harus memenuhi kebutuhan gizinya jelang melahirkan.

Maka dari itu, ada beberapa jenis vitamin dan mineral yang penting peranannya dalam mendukung kebutuhan pada trimester tiga kehamilan, yaitu:

1. Serat

Salah satu gangguan yang harus dihindari bumil pada trimester akhir kehamilan adalah terjadinya konstipasi atau sulit buang air besar. Untuk itu kebutuhan serat sebesar 25 gram dalam satu hari, haruslah terpenuhi.

Hal ini penting, karena seperti yang kita ketahui serat merupakan salah satu zat gizi dengan fungsi utama melancarkan pencernaan.

Untuk itu, pastikan agar bumil mengonsumsi makanan tinggi serat dari buah, sayur dan kacang-kacangan dalam bentuk segar. Usahakan konsumsi buah dan sayur dalam bentuk utuh dan bagian kulit pada beberapa jenis buah yang bisa dimakan sebaiknya juga ikut bumil konsumsi, ya.

2. Vitamin B6

Pada trimester tiga, vitamin B6 penting dicukupi kebutuhannya karena pada masa ini saraf janin masih dalam proses pembentukan.

Untuk itu bumil sebaiknya selalu memenuhi kebutuhan vitamin B6 dengan mengonsumsi kacang-kacangan atau olahannya, misalnya tempe dan tahu, hati ayam serta gandum atau olahan gandum.

3. Vitamin C

Vitamin C menjadi penting pada bumil trimester tiga karena daya tahan tubuh ibu harus selalu terjaga, mengingat fungsi utama vitamin C adalah sebagai imunitas tubuh. Selain itu vitamin C juga merupakan sumber antioksidan dan mampu mendukung penyerapan zat besi yang baik untuk bumil.

Pemenuhan kebutuhan vitamin C bumil dianjurkan dipenuhi dari bahan makanan segar yaitu buah dan sayur berwarna kuning oranye seperti jeruk, pepaya, stroberi, nanas dan wortel.

4. Zink

Zink memiliki fungsi utama yang mirip dengan vitamin C yaitu memberikan kekebalan pada tubuh. Selain itu pemenuhan kebutuhan zink juga akan membantu proses metabolisme ibu.

Hal ini akan sangat baik bagi pemenuhan gizi janin pada trimester tiga. Zink diperoleh dari konsumsi kacang-kacangan, telur, daging dan hati sapi.

5. Iodium

Pada timester akhir, pemenuhan kebutuhan iodium penting untuk membentuk sel, otot dan saraf janin. Hal ini penting karena janin yang terpenuhi kebutuhan iodiumnya sejak dalam kandungan hingga dua tahun awal usianya akan memiliki perkembangan saraf otak yang sangat optimal.

Untuk itu bumil dianjurkan menggunakan garam dapur beriodium serta olahan dari laut misalnya ikan atau udang laut.

Kelima zat gizi di atas dapat dipenuhi jika dipilih dengan tepat, salah satunya adalah sebagai bahan makanan untuk memenuhi peningkatan kebutuhan energi bumil pada trimester tiga.

Perlu diketahui bahwa pada trimeter tiga, peningkatan kebutuhan energi bumil adalah sebesar 300 kkal dengan rincian kebutuhan karbohidrat sebanyak 40 gram, protein 20 gram dan lemak 10 gram.

Pemenuhannya bisa dilakukan dengan memilih bahan makanan yang merupakan sumber kelima zat gizi di atas sehingga asupan gizi akan beriringan dan sangat efektif.

Beberapa pilihan menu yang bisa diterapakan untuk memenuhi kebutuhan energi tambahan lengkap dengan kelima zat gizi di atas adalah:

  • Satu mangkuk bubur kacang hijau dengan santan encer dan gula merah serta satu butir telur rebus, atau

  • Satu porsi besar salad buah dominasi warna kuning oranye dengan potongan ubi kuning rebus dan saus kacang serta potongan daging ayam, atau

  • Jus buah dengan tambahan selai kacang, misalnya pisang dengan selai kacang dan daging atau hati sapi rebus.

Pemilihan menu di atas tentu bisa dijadikan pilihan variasi camilan sehat bagi bumil trimester tiga, kan?

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik