Girls, Hati-Hati dengan Gejala Penyakit Jantung Berikut!

DokterSehat.Com– Penyakit jantung hanya dialami oleh pria dan orang tua saja, siapa bilang? Gejala penyakit jantung dapat dialami siapa saja, bahkan wanita muda. Sebuah penelitian menemukan fakta bahwa gejala penyakit jantung  dapat terjadi pada wanita di bawah usia 55 tahun, bahkan lebih muda. Di Amerika Serikat, penyakit jantung merupakan pembunuh nomor di 1 bagi para wanita. Setiap tahunnya, penyakit jantung mengakibatkan kasus kematian pada 16.000 wanita Amerika Serikat. Bahkan, 40.000 wanita muda di Amerika Serikat pernah menjalani rawat inap karena terkena serangan jantung. Di Indonesia sendiri, sekitar 37% kematian disebabkan oleh penyakit jantung (WHO, 2014).

doktersehat-serangan-jantung-tes-darah-bahaya

Kebanyakan wanita muda cenderung meremehkan gejala penyakit jantung. Akibatnya, penyakit jantung akan terlambat mendapatkan penanganan medis dan berakibat fatal. Berikut adalah hal-hal yang membuat kasus penyakit jantung pada wanita muda menjadi lebih berbahaya:

  1. Berpikir terlalu muda untuk mengalami penyakit jantung
  2. Merasa memiliki penyakit lain yang gejalanya hampir sama dengan penyakit jantung
  3. Enggan untuk melakukan kontrol ke dokter

Gejala penyakit jantung pada wanita muda umumnya ditandai dengan hal-hal berikut ini:

  • Nyeri atau tekanan di dada
  • Sesak napas
  • Berkeringat meskipun tidak sedang melakukan aktivitas atau tidak kepanasan
  • Nyeri di sekitar bahu, leher, rahang, atau lengan
  • Rasa mulas dengan mual dan muntah
  • Sakit kepala atau hilangnya kesadaran secara mendadak
  • Kelelahan tanpa sebab

Jika Anda merasakan gejala penyakit jantung, segeralah memeriksakan diri ke dokter. Selain itu, menganut gaya hidup yang lebih sehat dapat menjadi langkah efektif untuk mencegah penyakit jantung pada wanita muda.

Bantu cegah penyakit jantung anda dengan Tropicana Slim Low Fat, gunakan kode BEBASLEMAK untuk dapatkan promo discount 15% untuk 3 pcs Tropicana Slim Low Fat

Baca Juga:  Mengenal Diabetes Melitus dan Komplikasinya

Sumber:
webmd
webmd