Gigitan Ular – Jenis Ular Berbisa (Keluarga Elapid)

DokterSehat.Com – Jumlah gigitan dan kematian sangat bervariasi menurut wilayah geografis. Pelaporan gigitan ular tidak wajib di banyak daerah di dunia, sehingga sulit untuk menentukan jumlah gigitan. Banyak artikel didasarkan pada model populasi dengan beberapa asumsi yang mengarah ke berbagai pelaporan statistik.

doktersehat-ular-elapid

Gigitan ular lebih umum di daerah tropis dan di daerah-daerah yang terutama pertanian. Di daerah ini, banyak orang hidup berdampingan dengan berbagai ular. Sangat sedikit kematian terjadi per tahun dari gigitan ular di Amerika Serikat. WHO memperkirakan terdapat 20.000 kasus dan 1.000 kematian akibat toksin ular di Nepal. Perkiraan rata-rata racun berdosis kematian (fatal dose), lyophilised venom (beku kering) untuk kobra adalah 60 mg, Russel’s viper 20 mg dan 13 mg sciled viper.

Ular berbisa yang paling berbahaya untuk manusia
Dua keluarga besar ular paling berbisa dapat berbahaya bagi manusia: keluarga viper dan keluarga elapid.

Keluarga elapid meliputi:

  • Ular kobra (Naja dan genera lainnya) dari Asia dan Afrika;
  • Ular mamba (Dendroaspis) dari Afrika; yang ular kraits (Bungarus) dari Asia;
  • Ular karang (Micrurus) dari Amerika; dan elapids Australia, yang meliputi taipan pesisir (Oxyuranus scutellatus),
  • Ular harimau (Notechis), ular raja coklat (Pseudechis australis), dan
  • Ular penambah kematian (Acanthophis).
  • Ular laut yang sangat berbisa terkait erat dengan elapids Australia.

Ular dari keluarga elapid

King cobra (Ophiophagus hannah), sebuah elapid Asia berbahaya dan terpanjang dari ular berbisa, mampu mencapai 4 meter (13 kaki).

Ular hitam mamba (Dendraspis Polylepis), elapid yang sangat cepat, besar, dan berbahaya di Afrika.

Ular karang (Micrurus Fulvius), sebuah elapid Amerika pemalu yang menyumbang hanya sekitar 1% dari gigitan ular berbisa di Amerika Serikat. Mengenali frase yang terkenal di dunia barat: “Red on yellow, kill a fellow” (artinya merah pada kuning, membunuh sesama).

Baca Juga:  Gigitan Ular - Mencari Perawatan Medis

Ular susu (Lampropeltis Triangulum), kurang bahaya daripada ular karang. Dengan mengutip frase yang terkenal di dunia barat “Red on black, venom lack,” (merah pada hitam, dengan racun kurangnya), meskipun pepatah lama ini menjadi tidak dapat diandalkan di selatan Amerika Serikat.