Gigi Ternyata Bisa Mengalami Erosi

DokterSehat.Com – Jika kita membayangkan tentang masalah gigi, maka hal pertama yang akan kita pikirkan adalah adanya masalah plak gigi atau karang gigi yang bisa memicu gigi berlubang yang sangat menyakitkan. Ada begitu banyak masalah pada gigi jika tidak dirawat dengan benar, salah satunya adalah masalah erosi pada gigi, sebuah kondisi dimana gigi mengalami erosi dan sedikit-demi sedikit gigi pun mengalami perubahan bentuk dan tidak lagi berfungsi dengan benar. Erosi pada gigi sendiri terjadi karena faktor kimia dimana mulut memiliki tingkat keasaman berupa pH di bawah angka 5. Kondisi ini ternyata mampu membuat gigi mengalami pengikisan dan perubahan bentuk pada gigi.

doktersehat-dokter-gigi

Dengan gigi yang mengalami pengikisan, kita tentu akan mengalami kesulitan untuk mengunyah makanan, bukan? Dalam beberapa kasus, gigi bisa menjadi semakin tipis dengan bentuk yang mirip layaknya kuku yang digigit; tidak rata dan terlihat sangat rapuh. Bagaimana hal ini bisa terjadi? Banyak pakar kesehatan yang berkata jika pola makan yang kurang baik dimana kita sering mengkonsumsi minuman atau makanan dengan kadar asam tinggi menjadi penyebab utama erosi gigi.

Tahukah anda, ada banyak makanan dengan tingkat keasaman yang cukup tinggi. Minuman bersoda termasuk dalam golongan minuman dengan tingkat keasaman tinggi dan makanan layaknya pempek juga banyak memiliki kandungan asam. Beberapa jus atau acar jika kita konsumsi juga bisa membuat gigi mudah mengalami erosi. Selain makanan dan minuman asam, minuman beralkohol juga akan berpotensi memicu masalah erosi gigi mengingat minuman beralkohol ternyata bisa membuat asam lambung naik ke tenggorokan dan mencapai rongga mulut dan membuat kondisi mulut menjadi kurang baik bagi gigi. Selain itu, penggunaan narkoba dan banyak zat terlarang lainnya akan memicu pengikisan gigi dengan signifikan.

Baca Juga:  Kelainan DiGeorge

Penderita bulimia dimana penderitanya memuntahkan makanan yang barus aja dimakan juga bisa membuat gigi mudah terkikis. Kandungan asam lambung ikut terbawa dengan muntahan makanan dan gigi pun mengalami kondisi asam yang menyebabkan erosi. Jika gigi sudah terlanjur mengalami erosi, maka kita harus mendatangi dokter gigi untuk mendapatkan penanganan yang tepat.