Gigi Tanggal Pertanda Osteoporosis?

DokterSehat.Com – Salah satu penyakit yang sangat diwaspadai oleh orang dewasa adalah osteoporosis. Bagaimana tidak, penyakit yang menyerang tulang saat orang mulai lanjut usia ini bisa membuat tulang menjadi lebih keropos dan sangat mudah untuk patah. Kaum hawa sendiri memiliki resiko jauh lebih besar terkena penyakit ini jika dibandingkan dengan kaum pria. Pakar kesehatan sendiri sudah berusaha keras untuk mencari tahu cara mendeteksi penyakit osteoporosis. Belakangan ini, sebah penelitian terbaru menunjukkan fakta menarik dimana jika gigi mengalami masalah berupa gigi tanggal tanpa ada sebab sebelumnya, bisa jadi ini adalah masalah osteoporosis.

doktersehat-dokter-gigi

Banyak orang yang masih tidak menduga jika gigi ternyata memiliki kaitan erat dengan osteoporosis. Padahal, dalam realitanya, kesehatan gigi dan mulut memiliki kaitan yang erat. Menurut pakar kesehatan, gigi bisa dianggap sebagai bagian dari tulang mengingat gigi melekat pada tulang rahang. Jika kita mengalami gigi tanggal tanpa sebab, bisa jadi hal ini disebabkan oleh rahang yang semakin longgar dan ini adalah salah satu pertanda adanya osteoporosis. Selain itu, hal ini juga bisa menjadi masalah baru pada gusi.

Jika kita tiba-tiba mengalami gigi tanggal tanpa sebab, ada baiknya segera memeriksakan kondisi ini ke dokter untuk mengetahui apa penyebab utama yang terjadi. Hal yang sama juga berlaku jika kita memiliki gigi yang rapuh. Gigi rapuh sendiri sebaiknya harus dijaga dengan baik dengan cara memilih sikat gigi yang pas, memakai teknik menyikat gigi yang tepat dan tidak terlalu keras, dan memilih pasta gigi yang kaya kalsium dan fluoride yang bisa membuat email gigi semakin kuat.

Untuk menghindari osteoporosis sendiri kita sebaiknya mengkonsumsi makanan dan minuman yang kaya akan kalsium layaknya susu sehingga kepadatan tulang kita tetap terjaga. Selain itu, dengan melakukan olahraga dan mencukupi kebutuhan vitamin D, kita juga bisa menjaga kesehatan tulang. Ingat, untuk menjaga kesehatan tulang, kita harus melakukannya sejak dini.