Gigi Sensitif Adalah Salah Satu Masalah Kesehatan Yang Sering Terjadi

DokterSehat.Com – Selain masalah karang gigi atau gigi berlubang, masalah pada gigi dan mulut yang kerap kali menyerang adalah masalah gigi sensitif. Gigi sensitif sendiri adalah kondisi dimana gigi tiba-tiba terasa ngilu saat makan atau minum yang bersuhu panas atau dingin. Tahukah anda, masalah gigi sensitif sendiri bisa menyerang setidaknya satu dari delapan orang di Amerika Serikat, dan bahkan banyak terjadi pada manusia berusia muda dan juga kaum wanita.

doktersehat-ibu-hami-infeksi-gigi-bayi-lahir-prematur-sariawan

Rasa ngilu pada gigi ini bisa datang dengan mendadak namun juga bisa hilang dengan sendirinya. Hanya saja, karena rasa ngilu ini biasanya muncul pada saat makan atau minum, orang pun cenderung bisa kehilangan selera makan atau bahkan menghindari makanan atau minuman tertentu. Hal ini berarti masalah gigi sensitif bisa mempengaruhi kualitas kehidupan karena kita akan memiliki banyak batasan dalam mengkonsumsi makanan atau minuman tertentu. Biasanya, makanan atau minuman yang bersuhu dingin atau panas, memiliki rasa yang asam atau terlalu manis adalah yang paling rentan membuat gigi sensitif.

Sebuah penelitian yang dilakukan di beberapa negara bagian di Amerika Serikat menunjukkan bahwa gigi sensitif ternyata akan muncul karena semakin menipisnya enamel atau lapisan luar gigi dan jika gigi terkena kontak langsung pada makanan atau minuman tertentu, rasa ngilu pun akan langsung melanda. Yang menjadi masalah adalah, penipisan pada enamel gigi ini akan sulit dideteksi dengan mata telanjang. Pakar kesehatan bahkan menyebutkan jika 82 persen dari partisipan yang mengikuti penelitian yang membahas gigi sensitif memiliki gigi yang cenderung putih dan terlihat bersih, meskipun banyak pula yang memiliki gigi kurang sehat juga memiliki masalah gigi sensitif.

Baca Juga:  Benarkah Ukuran Penis Pria Bisa Diukur Dari Jari Tangannya?

Pakar kesehatan juga menyebutkan jika orang yang berusia 18 hingga 44 tahun memiliki resiko terkena gigi sensitif 3,5 yang lebih besar daripada yang berusia lebih muda atau lebih tua dari usia tersebut. Sementara itu, kaum wanita juga memiliki resiko lebih besar mendapatkan masalah gigi sensitif 1,8 kali lebih besar daripada yang dialami kaum pria. Untuk mencegah munculnya gigi sensitif, merawat dan membersihkan gigi dengan rutin setiap hari tentu menjadi hal yang harus dilakukan. Jika diperlukan, gunakanlah pasta gigi atau sikat gigi khusus yang bisa merawat gigi sensitif. Kita juga sebaiknya segera minum air putih setelah mengkonsumsi makanan atau minuman yang cenderung asam untuk mencegah penipisan pada enamel gigi.