Gigi Sehat Adalah Tanda Jantung Sehat Juga

DokterSehat.Com – Mulut sebagai salah satu pintu masuknya benda asing ke dalam tubuh yang amat rentan terkena paparan bakteri dan kuman. Oleh karenanya, tak heran jika banyak dokter mengatakan dengan menjaga kesehatan mulut berarti mencegah kuman dan bakteri masuk ke dalam tubuh.

6

Namun sayangnya, kebanyakan orang salah mengartikan kesehatan mulut dengan hanya menjaga kebersihan giginya saja. Gusi yang sehat akan menjadi rumah yang sehat pula bagi gigi. Sehingga, secara tidak langsung gusi yang sehat juga akan berpengaruh pada kesehatan gigi dan mulut.

Sebaliknya, gusi yang tidak sehat akan berpengaruh pada kesehatan lainnya seperti stroke, jantung bahkan hingga resiko kelahiran premature pada ibu hamil.

Namun bukan hanya itu saja. Ternyata gusi yang sehat juga menjadi indikator untuk kesehatan jantung. Sebagaimana dilansir dari redorbit.com dijelaskan bahwa kesehatan gusi berkaitan secara langsung dengan resiko penurunan penyakit aterosklerosis. Aterosklerosis adalah sebuah kondisi yang terjadi karena adanya pengerasan dan penyempitan pembuluh darah.

Sebagaimana diungkapkan oleh seorang professor epidemiologi dari Columbia University, Dr. Moise Desvarieux bahwa penyakit periodontal dan bakteri lainnya digusi menjadi salah satu pemicu timbulnya penyakit aterosklerosis. Pada studi yang dilakukan oleh beberapa tim di Columbia University diambil beberapa sampel plak yang kemudian akan diteliti. Dari penelitian tersebut ditemukan bahwa didalam plak yang tebal yang menumpuk pada gigi, terdapat bakteri yang dapat memicu gangguan terhadap arteri. Dan plak inilah yang kemudian bisa memicu timbulnya penykit aterosklerosis.

Penumpukan plak pada gigi dipicu oleh beberapa factor salah satunya adalah gaya hidup seperti kebiasaan mengkonsumsi minuman beralkohol, kebiasaan merokok dan mengonsumsi makanan yang mengandung banyak gula. Tak hanya itu, bakteri yang mengendap pada sekitaran gigi juga bisa masuk melalui celah antara gusi dan gigi yang tidak sehat, kemudian terbawa oleh aliran pembuluh darah menuju berbagai organ dalam tubuh termasuk jantung. Selain itu, bakteri tersebut juga bisa mengiritasi dinding pembuluh darah. Sehingga tak heran bila data penelitian juga menunjukan adanya hubungan antara bakteri mulut dengan penyumbatan pembuluh darah yang dapat memicu timbulnya serangan penyakit jantung.

Baca Juga:  Perhatikan Resiko Berikut Sebelum Mencabut Gigi

Baru-baru ini para peneliti juga menemukan, para penderita penyakit gusi memiliki resiko terserang penyakit jantung lebih besar dari pada mereka yang memiliki mulut yang sehat.
Selain itu, Dr. Desvarieux juga mengungkapkan bahwa penyakit aterosklerosis dapat memberikan efek pada pembuluh darah yang akan menyalur menuju jantung. Apabila jantung anda terganggu, maka kemungkinan tubuh terkena stroke juga dapat lebih besar. Untuk itu, meski sepele, ternyata menjaga kesehatan gusti amat penting untuk menjaga kesehatan jantung juga. Oleh karena itu, dengan pola hidup yang sehat maka kesehatan gusi anda juga akan ikut terjaga.