Gigi Putih Tidak Selalu Berarti Sehat

DokterSehat.Com – Ada sebuah kepercayaan yang cukup diyakini oleh masyarakat dimana gigi yang putih adalah gigi yang sehat dan diidam-idamkan. Memang, dengan memiliki gigi yang putih, kita akan mendapatkan kesan gigi yang bersih dan bisa membuat tampilan senyuman kita menjadi lebih sempurna yang tentu akan menambah rasa percaya diri. Sayangnya, bagi pakar kesehatan, gigi putih tidaklah berarti gigi kita berada dalam kondisi yang sehat dan bisa jadi gigi yang putih ini masih memiliki banyak kuman dan masalah kesehatan lainnya.

doktersehat-kesehatan-gigi-berlubang-karang

Pakar kesehatan gigi bernama drg. Eva Fauziah, Sp. KGA menyebutkan jika banyak masyarakat yang salah kaprah menganggap gigi yang sempurna dan sehat adalah gigi yang berwarna putih. Gigi yang berwarna kekuningan dianggap sebagai gigi yang memiliki plak yang bisa memicu masalah gigi. Padahal, plak sebenarnya tidak memiliki warna tertentu dan bisa saja banyak ditemukan pada gigi yang berwarna putih. Plak ini sendiri bisa melekat pada permukaan gigi dan bisa memiliki setidaknya 100 miliar bakteri di dalamnya yang jika dibiarkan begitu saja, maka akan membuat karang gigi yang tentu akan sangat tidak baik bagi gigi kita. Dalam banyak kasus, plak bisa membuat bakteri banyak berkembang biak pada gigi dan mulut dan menimbulkan beberapa masalah kesehatan layaknya radang gusi.

Menurut dokter yang merupakan Ketua dari Ikatan Dokter Gigi Indonesia Cabang Jakarta ini, banyaknya bakteri pada gigi juga bisa membuat gigi tanggal dengan sendirinya dan hal ini bisa terjadi pada gigi yang terlihat bersih dan berwarna putih. Ia pun menyarankan kita untuk mencoba mengorek gigi kita, meskipun sudah terlihat putih dan bersih, dengan memakai kuku. Jika pada kuku kita ditemukan lapisan putih, maka gigi kita memang memiliki plak.

Baca Juga:  Ladies, Jangan Lakukan Ini Pada Payudaramu

Meskipun banyak pasta gigi yang menawarkan gigi kita menjadi lebih putih dan lebih bersih, dalam realitanya kita harus rutin mengunjungi dokter gigi untuk pemeriksaan agar mengetahui apakah gigi kita memang memiliki plak atau tidak sehingga kita akan lebih baik dalam mencegah masalah kesehatan gigi.