Gigi Palsu Sang Kakek Tertelan Saat Makan Sandwich

DokterSehat.Com– Salah satu makanan yang paling nikmat dan mengenyangkan untuk dikonsumsi adalah sandwich. Sayangnya, bagi seorang kakek yang berasal dari India, Ram Kuber Phatak, sandwich menjadi makanan yang tidak menyenangkan. Bagaimana tidak, saat mengkonsumsinya, gigi palsunya lepas dan ikut tertelan.

doktersehat-orangtua-gigi-palsu

Sang kakek yang sudah berusia 77 tahun ini pun panik tatkala tahu gigi palsunya lepas. Ia pun segera memeriksakan kondisi ini ke rumah sakit. Hasilnya adalah, plat gigi dengan ukuran 3,5 cm yang juga dilengkapi gigi palsu dan kawatnya ternyata nyangkut di kerongkongan sang kakek. Untungnya, gigi palsu ini tidak lagi masuk hingga ke bagian perut sehingga tidak menimbulkan masalah kesehatan yang jauh lebih serius.

Dr. Shrinivas Chavan yang berasal dari J Hospital yang ada di kota Mumbai menyebut kondisi sang kakek sangatlah beruntung karena jika gigi palsu ini sampai turun ke saluran pencernaan, kerusakannya bisa merembet hingga ke dada atau jantung. Dokter pun tinggal melakukan prosedur yang tidak terlalu sulit untuk mengangkat gigi palsu tersebut. Meskipun begitu, Ram tetap harus mendapatkan perawatan medis yang intensif dan diminta untuk tidak mengkonsumsi makanan padat sekitar 10 hari demi mendukung proses pemulihan.

Dr. Shrinivas menduga bahwa sang kakek jarang memeriksakan gigi palsunya secara rutin sehingga bisa sampai ikut tertelan saat makan. Padahal, pemeriksaan gigi pals sangatlah penting untuk dilakukan untuk mengetahui apakah gigi ini dalam kondisi bersih, kuat, atau sudah kurang layak untuk digunakan. Benar saja, gigi yang dipasang sejak tahun 2005 ini ternyata memang tidak pernah diperiksa oleh sang kakek karena tidak memiliki uang untuk melakukannya.