Gigi Geraham Bungsu , si Kecil yang Suka Mengganggu

DokterSehat.Com – Geraham bungsu atau dalam dunia medis disebut gigi Molar 3 merupakan gigi yang tumbuh paling terakhir di dalam rongga mulut kita. Berdasarkan studi yang dilakukan sebagian besar geraham bungsu muncul saat usia > 18 tahun. Berbagai keluhan sering menyertai tumbuhnya gigi geraham bungsu ini, contohnya seperti demam, kesulitan membuka mulut, timbulnya nanah dan juga nyeri, meskipun begitu tidak semua pertumbuhan geraham bungsu pasti menimbulkan keluhan. Berbagai keluhan tersebut muncul akibat adanya infeksi yang terdapat di daerah kemunculan dari gigi geraham bungsu tersebut, mudahnya infeksi di daerah tersebut disebabkan oleh kemunculan gigi yang merobek gusi disertai dengan kurangnya kebersihan gigi di daerah tersebut. Posisi tumbuh gigi yang tidak seperti seharusnya juga memudahkan munculnya infeksi karena daerah tersebut memudahkan makanan terselip dan sulit untuk dibersihkan dengan sikat gigi, ada berbagai faktor yang menyebabkan gigi geraham bungsu tumbuh tidak seharusnya atau dalam posisi miring ataupun tidur yaitu adanya perubahan pola makan dan kebiasaan manusia jaman sekarang yang makannanya lebih banyak bertekstur lunak, juga adanya faktor genetik dari orang tua.

doktersehat-dokter-gigi

Selain infeksi yang muncul pada gigi geraham bungsu, bisa juga muncul kista yang diakibatkan oleh gigi yang tidak muncul sempurna dan ada juga proses infeksi disitu, jika tidak diobati segera maka lama kelamaan kista bisa menyentuh syaraf didekatnya dan menyebabkan nyeri yang luar biasa bahkan bisa mennyebabkan anda kesulitan membuka mulut karena bengkak yang timbul. Gejala gejala diatas dapat berlanjut menjadi suatu tumor jinak yang disebut ameloblastoma jika tidak dilakukan penanganan lebih lanjut, bahkan gigi yang berdempetan dengan gigi geraham bungsu tersebut juga dapat menjadi terinfeksi sehingga harus dilakukan penanganan juga bahkan pencabutan gigi.

Baca Juga:  Minyak Nabati vs Minyak Hewani, Aman yang Mana?

Untuk mencegah gejala gejala diatas dapat dilakukan foto rontgen mulai pada usia 12 tahun untuk melihat arah pertumbuhan gigi geraham tersebut, jika memang tumbuhnya tidak sesuai seharusnya, bisa dilakukan rencana pencabutan karena gigi yang tidak tumbuh sesuai seharusnya akan tidak memiliki fungsi yang baik bahkan menyebabkan berbagai keluhan.

Jika anda telah dilakukan pencabutan, jagalah kebersihan dengan baik, gigit kasa kurang lebih 60 menit untuk menjaga bekuan darah serta jangan berkumur, karena dengan berkumur maka bekuan darah akan lepas lagi dan akan kembali berdarah lagi.